Tentang Ilmu Negara dan Kaitannya

inoputro(dot)com, Tentang Ilmu Negara dan Kaitannya.

Kelahiran dan keberadaan Ilmu Negara tidak dapat lepas dari jasa George Jellinek, seorang pakar hukum dari Jerman yang kemudian dikenal sebagai bapak Ilmu Negara, pada tahun 1882 ia telah menerbitkan buku dengan judul “Allgemeine Staatslehre” (Ilmu Negara Umum), buku ini kemudian menjadi cikal bakal lahirnya Ilmu Negara. Istilah Ilmu Negara dikenal dengan beberapa istilah, antara lain:

  • Belanda, dikenal dengan istilah Staatsleer,

  • Jerman, dikenal dengan istilah Staatslehre,

  • Perancis, dikenal dengan istilah Theorie d’ etat, sedangkan

  • Inggris, dikenal dengan istilah Theory of State, The General Theory of State, Political Science, atau Politics.

Dalam menyusun bukunya “Allgeimeine Staaslehre”, George Jellinek menggunakan methode van systematesering (metode sistematika), dengan cara mengumpulkan semua bahan tentang ilmu negara yang ada mulai zaman kebudayaan Yunani sampai pada masanya sendiri (sesudah akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20 dan bahan-bahan itu kemudian disusunnya dalam suatu sistem.

Berkaitan dengan perbedaan penyelidikan objek antara Ilmu Negara dengan Ilmu Lain yang pembahasan sama, yaitu Negara, bahwa Hukum Tata Negara RI dan Ilmu Politik Kenegaraan memandang objeknya, yaitu negara dari sifatnya atau pengertiannya yang konkret, artinya objeknya itu sudah terikat pada tempat, keadaan dan waktu, jadi telah mempunyai objek yang pasti, misalnya negara Republik Indonesia, negara Inggris, negara Jepang dan seterusnya. Kemudian, dari negara dalam pengertiannya yang konkret itu diselidiki atau dibicarakan lebih lanjut susunannya, alat-alat perlengkapannya. Wewenang serta kewajiban daripada alat-alat perlengkapan tersebut dan seterusnya.

Sedangkan Ilmu Negara memandang objeknya itu, yaitu Negara, dari sifat atau pengertiannya yang abstrak, artinya objeknya itu dalam keadaan terlepas dari tempat, keadaan dan waktu, belum mempunyai ajektif tertentu, bersifat abstrak-umum-universal.

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

Artikel terkait:


Pernah menuliskan salah satunya?

obyek ilmu negara (15), tentang ilmu negara (11), objek ilmu negara (11), sistematika ilmu negara menurut george jellinek (10), aliran dalam ilmu negara (10), george jellinek (10), metode devan systematesering (1), rubrichering dlm metode van systematisering (1), judul buku aliran-aliran ilmu negara (1), tipe negara menurut george jellinek (1), 

No Responses to “Tentang Ilmu Negara dan Kaitannya”
  1. Pingback: Fungsi Negara | Ino Putro 26/09/2011
  2. Pingback: Tipe-Tipe Negara | Ino Putro 25/09/2011
  3. Pingback: Teori Asal Mula Negara | Ino Putro 25/09/2011

Leave a Reply