Sila Kelima Pancasila Paling Sial

inoputro(dot)com, sila kelima pancasila paling sial. Iseng-iseng saya berkeliling di dunia maya. Browsing, surfing, menjadi kegiatan sehari-hari selama liburan ini. Sampai saya melihat sebuah postingan di pos kota (jakarta) dengan judul “Sila Kelima Pancasila Paling Sial “. Wah maksudnya apa ini, dengan seksama saya membaca isi dalam postingan ini.

Ternyata inti dari postingan ini membahas bahwa sila kelima pancasila kita telah gagal diwujudkan. Indonesia dengan tingkat pendapatan rata-ratanya (Rp. 7.000/kepala dalam $ 1 Amerika) ternyata tidak terdeskripsi dengan keadaan masyarakat menengah kebawahnya. Padahal menurut PBB dikatakan miskin apabila pendapatanya dalam satu dolar Amerika setara dengan angka Rp. 9.000. Dan kenyataannya memang benar jika kita melihat kondisi bangsa kita sekarang dimana angka pengangguran dan kemiskinan tidak terlihat penurunannya, menurun mungkin meskipun sedikit.

Wajar jika hal di atas terjadi. Mengapa tidak, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kita sebesar Rp1.300 triliun, di mana 60 persen digunakan untuk biaya pegawai dan perjalanan dinas, 20 persen untuk membayar hutang dan bunganya dan hanya 20 persen untuk pembangunan. Saya tekankan lagi “biaya pegawai dan perjalanan dinas“. Selain itu APBD rata-rata anggaran rutinnya di daerah mencapai 81 persen dan untuk rakyat sendiri hanya 18 persen.

Dilihat secara struktur anggaran saja sudah terlihat kepincangan-kepincangan yang tidak menggambarkan sila kelima pancasila kita. Belum lagi ketika kita berbicara dengan apa yang dilakukan para oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Jelas, korupsi yang merajalela sangat merugikan negara kita. Tidak salah jika mereka mengatakan sila kelima pancasila paling sial. Dan semua patut bertanya mau dibawa kemana bangsa kita tercinta ini.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

mail peirsen com (4), mail peirsen com loc:CN (3), pancasila sila ke lima (1), makalah analisis pancasila sila kelima (1), analisis sila ke 5 pancasila (1), kemiskinan dalam sila kelima pancasila (1), isi filsafat sila kelimapancasila (1), artikel sila pancasila (1), analisis sila ke lima (1), sila pancasila yang membahas tentang kemiskinan (1), 

Sila Kelima Pancasila Paling Sial was last modified: September 9th, 2011 by inoputro

Artikel Terkait Sila Kelima Pancasila Paling Sial

Inti Proklamasi Kemerdekaan

Inti Proklamasi Kemerdekaan

inoputro(dot)com, inti proklamasi kemerdekaan. Masa sidang pertama BPUPKI berlangsung

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)

Setiap manusia lahir dengan hak asasi manusia yang melekat

Hakikat Bangsa

Hakikat Bangsa

inoputro(dot)com, hakikat bangsa. Konsep bangsa memiliki 2 (dua) pengertian

Pembatalan dan Penghapusan Kerja Sama Internasional

Pembatalan dan Penghapusan Kerja Sama Internasional

inoputro(dot)com, pembatalan dan penghapusan kerja sama internasional. Konvensi Wina

Add Your Comment