siputro.com

Home » PPKn » Asas Ius Soli dan Asas Ius Sanguinis

pasang iklan murah

Asas Ius Soli dan Asas Ius Sanguinis

September 19th, 2011 Admin 23484 Views 6 Comments

inoputro(dot)com, tentang asas kewarganegaraan Ius Soli dan Ius Sanguinis.

Ada 2 asas yang dianut negara-negara di dunia ini dalam menentukan kewarganegaraan seorang anak. Yakni asas Ius Soli dan Asas Ius Sanguinis. Berikut saya akan mencoba menjelaskan prinsip dari kedua asas tersebut dan beberapa permasalahan yang timbul dengan penerapan kedua asas tersebut.

Pengertian Ius Soli dan Ius Sanguinis

Asas Ius Soli adalah asas pemberian kewarganegaraan berdasarkan tempat kelahiran (terbatas). Negara yang menganut asas ini akan mengakui kewarganegaraan seorang anak yang lahir sebagai warganegaranya hanya apabila anak tersebut lahir di wilayah negaranya, tanpa melihat siapa dan darimana orang tua anak tersebut. Asas ini memungkinkan adanya bangsa yang modern dan multikultural tanpa dibatasi oleh ras, etnis, agama, dll. Contoh negara yang menganut asas ini adalah AS, Argentina, Banglades dan Brazil.

Sedangkan;

Asas Ius Sanguinis adalah asas pemberian kewarganegaraan berdasarkan keturunan orang tuanya. Negara yang menganut asas ini akan mengakui kewarganegaraan seorang anak sebagai warga negaranya apabila orang tua dari anak tersebut adalah memiliki status kewarganegaraan negara tersebut (dilihat dari keturunannya). Asas ini akan berakbibat munculnya suatu negara dengan etnis yang majemuk. Contoh negara yang menganut asas ini adalah negara-negara yang memiliki sejarah panjang seperti negara-negara Eropa dan Asia. Contoh negara yang menganut asas ius sanguinis ini yakni Brunai, Jordania, Malaysia, Belanda, Cina.

 

Masalah yang timbul dari kedua asas ini;

Bipatride, yakni timbulnya 2 kewarganegaraan. Hal ini terjadi karena seorang Ibu berasal dari negara yang menganut asas ius sanguinis melahirkan seorang anak di negara yang menganut asas ius soli. Sehingga kedua negara (negara asal dan negara tempat kelahiran) sama-sama memberikan status kewarganegaraannya.

Apatride, yakni kasus dimana seorang anak tidak memiliki kewarganegaraan. Keadaan ini terjadi karena seorang Ibu yang berasal dari negara yang menganut asas ius soli melahirkan seorang anak di negara yang menganut asas ius sanguinis. Sehingga tidak ada negara baik itu negara asal Ibunya ataupun negara kelahirannya yang mengakui kewarganegaraan anak tersebut.

. . .

Dalam UU RI No. 12 Tahun 2006, memang tidak dibenarkan seseorang memiliki 2 kewarganegaraan atau tidak memiliki kewarganegaraan. Tapi untuk anak-anak ada pengecualian. Dengan catatan setelah anak tersebut berusia 18 tahun, dia harus memilih status kewarganegaraannya. Status kewarganegaraan tersebut dapat diperoleh dengan cara “Naturalisasi“, yakni dapat berupa pengajuan atau penolakan kewarganegaraan(disertai penerimaan status kewarganegaraan yang lain) tentunya dengan memenuhi persyaratan dari negara yang diajukan.

nb: di SMA dulu materi yang saya dapatkan bukan menuliskan asas ius sanguinis, melainkan asas ius sanginus

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

asas ius soli (700), pengertian ius soli (330), negara yang menganut asas ius soli (311), ius soli (306), pengertian ius soli dan ius sanguinis (266), ius sanguinis (236), ius soli dan ius sanguinis (231), pengertian asas ius soli (196), asas ius sanguinis (196), pengertian ius sanguinis (194), asas ius soli dan ius sanguinis (178), negara yang menganut asas ius sanguinis (155), CONTOH ASAS IUS SOLI (150), contoh ius soli dan ius sanguinis (138), contoh ius soli (130), negara yang menganut ius soli (109), CONTOH IUS SANGUINIS (95), negara yang menganut ius sanguinis (94), ius sanguinis dan ius soli (93), pengertian asas ius sanguinis (91), negara yang menganut asas ius soli dan ius sanguinis (84), pengertian asas ius soli dan ius sanguinis (79), asas ius soli adalah (75), contoh asas ius sanguinis (73), asas ius soli dan asas ius sanguinis (71), 

Anda baru saja membaca Asas Ius Soli dan Asas Ius Sanguinis. Artikel ini ditulis di dalam kategori PPKn. Anda bebas mengshare artikel ini, namun gunakanlah etika yang baik dengan tetap menuliskan sumber link artikel Asas Ius Soli dan Asas Ius Sanguinis ini.
Daftarkan email anda untuk berlangganan artikel kami:
Jangan lupa konfirmasi via email, ya!

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

Artikel lain:

6 Responses to “Asas Ius Soli dan Asas Ius Sanguinis”

  1. jony says:

    Thanks infonya,,,

  2. taufik says:

    ceucho bgt thanks yua KK pero

  3. supriyadi says:

    bagussssssss
    oh yah bisah gax tampilkan cnth khasus terjadinya perwarganegaraan???????

    • inoputro says:

      pewarganegaraan maksudnya ya?
      kalo bener berarti kayak naturalisasi.. contoh kerenya bisa kita liat naturalisasi pemain sepak bola. bisa jadi dari hbungan pernikahan (gonzales) atau darah orang tua, msal bapak (irfan bahdim)

  4. Shofi says:

    Thanks so much infonya :D

 

Leave a Reply to this Post

= 2+5 [required]

Pasang Iklan, SEO Jaguars, Jaguar 2, Fair Gadget, Yoetama, Terapi Diabetes, Dana Usaha

Cerpen Sobat
  • Menara Angin

    cerpen menara angin

    [...] Kami nggak mentingin pertemuan sebagai alasan buat ngehambat hubungan ini, yang jelas kami cocok satu sama lain. Di saat kelulusan nanti waktu yang tepat. [...]

  • Zee’s Hand Diary

    nikah lo pikir mudah

    [...] Ini diaryku kisah tentang hidupku kisah nyataku. Tak peduli sebesar apa ketidaksukaan orang lain bagiku cemo’ohan mereka, penyemangat kebangkitanku. [...]

  • Kesuma Bunda (Ibuku Pahlawanku)

    nikah lo pikir mudah

    [...] Bunda nggak nyangka anakku sendiri bahkan tak bisa bersikap baik padaku. Mungkin ini memang salah Bunda yang nggak pernah menceritakan semuanya padamu [...]

  • Ku Hampir Kuncup

    ku hampir kuncup

    [...] “Oh, tidak. Ya Allah apakah sekeras ini cobaan yang Engkau berikan?” Rintihku mrnyesakkan dada, hingga rasanya aku tak sanggup untuk bernafas. [...]

  • Nikah??? Lo pikir Gampang!!

    nikah lo pikir mudah

    [...] Mungkin bener kata orang-orang tua, Rona pamali waktu ngambil barang hujan deres banget dan saat akan dibawa ke rumah Randy di malah nangis dan noleh [...]

sejarawan.com
jokam palembang
pasang iklan baris