Tujuan Nasional Bangsa Indonesia

inoputro(dot)com, tujuan nasional bangsa Indonesia.

Tujuan nasional adalah sasaran segala kegiatan suatu bangsa yang perwujuannya harus diusahakan secara terus rnenerus. Tujuan nasional bangsa Indonesia tercantum dalam alenia keempat Pembukaan UUD 1945 yang berbunyi “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, untuk memajukan kesejahtetaan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial”.

Dan tujuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa politik mar negeri Indonesia bercorak:

  1. Mempertahankan kemetdekaan dan menghapuskan segala bentuk penjajahan,
  2. Memperjuangkan perdamaian dunia yang abadi, dan
  3. Memperjuangkan susunan ekonomi dunia yang berkeadilan sosial,

Selain itu, politik luar negeri Indonesia harus bersifat bebas dan aktif. Bebas mengandung anti bahwa negara mempunyai hak yang penuh atau kemandirian untuk menentukan sikap dan kehendak sendiri sebagai bangsa yang bendaulat. Artinya, negara bebas menentukan sikap serta tidak memihak dalam menghadapi pertentangan antara dua blok raksasa di dunia, yaitu blok kapitalis (barat) dan blok komunis (timur). Aktif mengandung anti bahwa dalam pergaulan internasional negara tidak boleh tinggal diam, tetapi harus berperan dalam memperjuangkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial dalam lingkup internasional.

Dengan demikian, politik bebas dan aktif tidak sama dengan netral karena netral berarti tidak peduh dan cenderung tidak mendorong untuk mengambil sikap apapun atas kejadian-kejadian internasional. Melalui politik bebas dan aktif, Indonesia menempatkan dirinya sebagai subjek (pelaku) dan aktif dalam pergaulan internasional sehingga tidak dapat dikendalikan oleh haluan politik negara lain yang didasarkan pada kepentingan nasionalnya.

Oleh karena itu, dalam melaksanakan politik luar negeri, negara Republik Indonesia sedapat mungkin akan memilih jalan damai. Bagi bangsa Indonesia, perang merupakan jalan terakhir dalam mempertahankan kemerdekaan. Oleh karena itu, perang yang mungkin terpaksa dilakukan oleh bangsa Indonesia adalah perang yang adil, bukan perang yang menguasai dan menjajah bangsa lain.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

Artikel terkait:


Pernah menuliskan salah satunya?

tujuan nasional (639), tujuan nasional bangsa Indonesia (514), tujuan negara indonesia (216), tujuan nasional indonesia (184), tujuan bangsa indonesia (83), tujuan nasional negara indonesia (79), sebutkan tujuan nasional bangsa indonesia (63), tujuan nasional bangsa indonesia tercantum dalam (55), pengertian tujuan nasional (51), tujuan nasional bangsa indonesia terdapat dalam (47), tujuan bangsa (46), tujuan negara indonesia tercantum dalam (37), TUJUAN NEGARA DALAM PEMBUKAAN UUD 1945 (36), apa tujuan nasional bangsa indonesia (31), tujuan nasional adalah (27), tujuan nasional bangsa indonesia dalam pembukaan uud 1945 (25), tujuan nasional bangsa indonesia menurut uud 1945 (22), tujuan negara (22), sebutkan tujuan nasional negara indonesia (20), tujuan negara indonesia yang tercantum dalam pembukaan uud 1945 (20), tujuan nasional yang tercantum dalam pembukaan uud 1945 (20), definisi tujuan nasional (19), Tujuan negara Indonesia tercantum pada (18), tujuan nasional indonesia tercantum dalam (18), apakah tujuan nasional bangsa indonesia (17), 

Tujuan Nasional Bangsa Indonesia was last modified: September 9th, 2011 by inoputro

Artikel Terkait Tujuan Nasional Bangsa Indonesia

Pentingnya Manajemen

Pentingnya Manajemen

inoputro(dot)com, pentingnya manajemen. Apa dan mengapa manajemen itu penting?

UU No. 10 Tahun 2008 tentang Pemilu

UU No. 10 Tahun 2008 tentang Pemilu

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 10 TAHUN 2008 TENTANG PEMILIHAN

Sumber Hukum Internasional

Sumber Hukum Internasional

inoputro(dot)com, sumber hukum internasional. Sumber hukum dibedakan menjadi dua

Proses Perumusan Pancasila

Proses Perumusan Pancasila

Jika kita membahas proses perumusan pancasila maka kita tidak

No Responses to “Tujuan Nasional Bangsa Indonesia”

Add Your Comment