Pembatalan dan Penghapusan Kerja Sama Internasional

inoputro(dot)com, pembatalan dan penghapusan kerja sama internasional.

Konvensi Wina tahun 1969 menetapkan alasan-alasan yang dapat diajukan oleh suatu negara untuk membatalkan persetujuan atau perjanjian yang telah disepakati, diantaranya sebagai berikut.

  1. Terjadi pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan hukum nasional salah satu peserta yang berkaitan dengan kewenangan (kompetensi) kuasa penuh negara yang bersangkutan.
  2. Terdapat unsur kesalahan (error) berkenaan dengan suatu fakta atau/keadaan pada waktu perjanjian dibuat.
  3. Terdapat unsur penipuan oleh suatu negara peserta terhadap negara peserta lain pada waktu pembentukan perjanjian.
  4. Terdapat kelicikan atau akal bulus, baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap mereka yang menjadi kuasa penuh dan negara peserta tertentu.
  5. Terdapat unsur paksaan dalam arti penggunaan kekerasan dan ancaman kepada seorang kuasa penuh atau negara peserta tertentu.
  6. Terdapat ketentuan yang bertentangan dengan suatu kaidah dasar atau asas jus cogenst. Maksud asas ini adalah kaidah atau norma yang telah diterima dan diakui oleh masyarakat internasional secara keseluruhan yang tidak boleh dilanggar dan hanya dapat diubah oleh suatu norma dasar hukum internasional umum yang baru dan mempunyai sifat sama.

 

Adapun mengenai berakhir atau hapusnya suatu perjanjian internasional secara umum dapat disebabkan oleh hal-hal berikut mi.

  1. Telah tercapai tujuan perjanjian.
  2. Habis masa berlakunya.
  3. Salah satu pihak peserta perjanjian punah (misalnya: negara tersebut hancur akibat peperangan atau bencana alam).
  4. Persetujuan dan para peserta untuk mengakhiri perjanjian.
  5. Diadakannya perjanjian baru antarpeserta yang isinya meniadakan perjanjian terdahulu.
  6. Telah dipenuhinya tentang berakhirnya perjanjian sesuai dengan ketentuan-ketentuan sendiri.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

Artikel terkait:


Pernah menuliskan salah satunya?

pembatalan perjanjian internasional (124), alasan pembatalan perjanjian internasional menurut konvensi wina 1969 (108), berakhirnya atau hapusnya perjanjian internasional dapat disebabkan oleh (72), menurut konvensi wina 1969 pembatalan perjanjian internasional dilakukan apabila (67), pembatalan perjanjian internasional menurut konvensi wina 1969 (63), penyebab batalnya perjanjian internasional (50), alasan pembatalan perjanjian internasional (50), tiga alasan pembatalan perjanjian internasional (46), batalnya perjanjian internasional (38), penyebab pembatalan perjanjian internasional (26), penghapusan perjanjian internasional (23), 3 alasan pembatalan perjanjian internasional (22), sebab berakhirnya perjanjian internasional (22), alasan dibatalkannya suatu perjanjian internasional (22), pembatalan dan berakhirnya perjanjian internasional (20), hal-hal yang membatalkan perjanjian internasional (20), sebab batalnya perjanjian internasional (19), alasan batalnya suatu perjanjian internasional menurut konvensi wina tahun 1969 (18), yang membatalkan perjanjian internasional (16), berakhirnya perjanjian internasional (16), sebutkan salah satu alasan pembatalan perjanjian internasional menurut konvensi wina 1969 (15), penyebab berakhirnya perjanjian internasional (15), batal dan berakhirnya perjanjian internasional (14), batalnya perjanjian internasional menurut konvensi wina 1969 (12), pembatalan perjanjian internasional berdasarkan konvensi wina 1969 (12), 

Leave a Reply