Paham Aliran Dualisme

inoputro(dot)com, aliran dualisme.

Menurut aliran atau teori ini bahwa daya ikat hukum internasional bersumber pada kemauan negara, maka hukum internasional dan hukum nasional merupakan dua sistem atau perangkat hukum yang terpisah satu dan yang lainnya. Alasan-alasan tersebut didasarkan pada alasan-alasan formil maupun alasan-alasan yang berdasarkan kenvataan (Voluntarisme)

Adasan-alasan tersebut antara lain:

  • Kedua perangkat hukum tersebut mempunyai sumber yang berlainan, hukum nasional bersumber pada kemauan negara sedangkan hukum internasional bersumber pada kemauan bersama dan masyrakat internasional itu sendiri.
  • Kedua perangkat hukum tersebut berlainan subjek hukumnya, subjek hukum nasional adalah orang-perorangan, baik didalam apa yang dinamakan hukum perdata maupun hukum publik. Sedangkan subjek dan pada hukum internasional adalah negara.
  • Sebagai tata hukum, hukum nasional dan hukum internasional menampakan pula perbedaan di dalam strukturnya. Lembaga-lembaga yang diperlukan untuk melaksanakan hukum di dalam kenyataannya seperti mahkamah dan organ-organ eksekutif hanya ada di dalam bentuk yang sempurna dalam lingkungan hukum nasional.

 

Alasan lain yang dikemukakan sebagai argumentasi yang didasarkan atas kenyataan adalah bahwa daya laku atau keabsahan dan pada kaedah-kaedah hukum nasional itu bertentangan dengan hukum internasional.

 

Baca juga “Akibat yang Ditimbulkan Teori Dualisme & Kelemahan Teori dualisme

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

aliran dualisme (115), kelemahan teori dualisme (46), Aliran aulisme (36), aliran dualisme dalam hukum internasional (32), paham dualisme (28), aliran dalam hukum internasional (26), dualisme hukum (20), pengertian dualisme hukum (10), aliran Aulisme dalam hukum internasional berpandangan bahwa (7), contoh aliran aulisme (5), pengertian aliran dualisme (3), aliran aulisme dalam hukum internasional (3), pengertian aliran aulisme (3), pengeryian aliaran dualisme (3), filsafat aliran dualisme (2), contoh aliran dualisme (2), aliran minisme (2), kelemahan paham dualisme (2), aliran dualisme menurut moelyatno (2), 2 hukum dualisme (2), voluntarisme pengertrtian dualisme (1), aliran aulisme berpandangan bahwa (1), aliran aulisme hukum internasional (1), aliran aulisme dlm hukum (1), Apa itu teori dualisme dalam pkn (1), 

No Responses to “Paham Aliran Dualisme”

Leave a Reply