Kelemahan Teori dualisme

inoputro(dot)com, kelemahan teori dualisme.

1#

Mengenai sumber hukum yang berbeda, kelemahan pendirian kaum dualis tidak dapat dilepaskan dari pada kelemahan teori dasar mereka bahwa sumber segala sumber hukum itu baik hukum internasional maupun hukum nasional adalah kemauan negara. Hukum itu berlaku dan ada karena negara.

Hal yang sama berlaku pula bagi masyarakat internasional. Jadi adanya hukum dan daya ikat hukum tidak bersumber kepada kemauan negara, melainkan merupakan prasyarat bagi kehidupan manusia yang teratur dan beradab dan karenanya disebabkan oleh kebutuhan kehidupan manusia bermasyarakat yang hakiki yang tidak dapat dielakkan. Dengan demikian maka tidak tepat pula untuk berbicara berlainnya sumber dari pada hukum itu karena pada hakekatnya sumbernya adalah sama yakni kebutuhan manusia untuk hidup secara teratur.

2#

Berlainnya subjek hukum dan pada hukum nasional dan hukum internasional juga kurang rnenyakinkan. Karena argumentasi kaum dualis ini dibantah oleh kenyataan bahwa di dalam satu lingkungan hukum, katakanlah hukum nasional pun dapat saja terjadi bahwa subjek hukum itu berlainan. Karenanya di dalan hukum nasional ada pembagian hukum antara hukum perdata dengan hukum publik. Sebaliknya tidak pula benar untuk mengatakan bahwa subjek hukum internasional adalah negara karena perkembangan akhir-akhir ini menunjukan bahwa individu atau orang-perorangan pun bisa menjadi subjek hukum internasional.

3#

Berbedanva struktur hukum nasional dan hukum internasional juga kurang tepat, karena di sini letak perbedaan tidaklah bersumber pada perbedaan hakiki atau azasi (prinsipil) melainkan perbedaan yang gradual. Dengan perkataan lain apa yang dinamakan perbedaan strukturil itu hanya merupakan bentuk perwujudan atau gejala saja pada taraf integrasi yang berlainan dan pada masyarakat nasional dan masyarakat internasiona1.

4#

Pemisahan mutlak antara hukum nasional dengan hukum internasional, tidak dapat menerangkan dengan cara memuaskan kenyataan bahwa dalam praktek sering kali hukum nasional itu tunduk pada atau sesuai dengan hukum internasional. Kenyataan bahwa ada kalanya hukum nasional yang berlaku bertentangan dengan hukum internasional, bukan merupakan bukti dari pada perbedaan strukturil seperti dikatakan kaum dualis, melainkan hanya bukti dan kurang efektifnya hukum internasional.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

teori dualisme (64), perbedaan teori monisme dan teori dualisme (30), kelemahan dualisme (15), kelebihan dan kelemahan dualisme (10), kelemahan teori monisme dan dualisme (10), kelebihan dualisme (8), kelebihan dan kekurangan teori dualisme (8), teori dualistik (8), dualisme (6), kelebihan aliran DUALISME (5), kelebihan dan kekurangan aliran dualisme (4), Pengertian Dualisme (4), kelebihan dan kekurangan monisme (4), kelemahan aliran dualisme (4), apa kelemahan dan kelebihan antara teori posibilisme dg teorideter minisme (4), kelebihan teori dualisme (3), konsep teori monisme dan teori dualisme jurnalhukum (3), kelebihan dan kekurangan dualisme (3), kelemahan dan pengertian dualisme (2), kelemahan dan kelebihan dualisme (2), kelemahan monisme dualisme pluralisme (2), kelemahan aliran monoisme dan dualisme#spf=1 (2), dualisme dan kelebihannya (2), Kelemahan hukum internasional (2), 4 kelemahan teori dualisme (2), 

One Response to “Kelemahan Teori dualisme”
  1. putra 20/03/2012

Leave a Reply