Hubungan Hukum Internasional Dengan Hukum Nasional

inoputro(dot)com, hubungan hukum internasional dengan hukum nasional.

Tempat Hukum Internasional Dalam Tata Hukum Secara Keseluruhan

Pembahasan persoalan tempat atau kedudukan hukum internasional dalam rangka hujum secara keseluruhan didasarkan atas anggapan bahwa sebagai suatu jenis atau bidang hukum, hukum internasional merupakan bagian dari pada hukum pada umumnya. Anggapan atau pendirian demikian tidak dapat dielakkan apabila kita hendak melihat hukum internasional sebagai suatu perangkat ketentuan-ketentuan dan azas-azas yang efektif yang benar-benar hidup di dalam kenyataan dan karenanya mempunyai hubungan yang efektif pula dengan ketentuan-ketentuan atau bidang-bidang hukum lainnya, di antaranya yang paling penting adalah ketentuan-ketentuan hukum yang mengatur kehidupan manusia dalam masing-masing lingkungan kebangsaannya yang dikenal dgnnama hukum nasional. Karena pentingnya hukum nasional masing-masing negara dalam konstelasi politik dunia dewasa ini dengan sendirinya pula persoalan bagaimanakah hubungan antar berbagai hukum nasional itu dengan hukum internasional.

 

Dari Sudut Teoritis Ada Dua Pandangan Tentang Hukum Internasional, yaitu:

  • Pandangan Voluntarisme, yaitu yang mendasarkan berlakunya hukum internasional dan bahkan persoalan ada atau tidaknya hukum internasional ini tergantung pada kemauan negara. Contoh: Teori kehendak bersama negara, teori kehendak negara.
  • Pandangan Objektivitas, yaitu menganggap ada dan berlakunya hukum internasional ini terlepas dari kemauan negara. Contoh: Teori hukum alam (tak berhubungan dengan negara).

 

Ditinjau dan aliran atau sudut pandang teori ini menguraikan

  • Aliran Dualisme, menurut aliran atau teori ini bahwa daya ikat hukum internasional bersumber pada kemauan negara, maka hukum internasional dan hukum nasional merupakan dua sistem atau perangkat hukum yang terpisah satu dan yang lainnya.
  • Faham Monisme, faham monisme didasarkan atas pemikiran kesatuan dari pada seluruh hukum yang mengatur hidup manusia. Dalam rangka pemikiran ini hukum internasional dan hukum nasioanal merupakan dua bagian yang dari satu kesatuan yang lebih besar yaitu hukum yang mengatur kehidupan manusia.

 

Primat hukum internasional menurut praktek internasional

Praktek hukum internasional memberikan cukup bahan atau contoh bagi kesimpuIan bahwa pada masa dan tingkat perkembangan masyarakat internasional dewasa ini hukum internasional cukup memiliki kewibawaan terhadap hukum nasional untuk mengatakan bahwa pada umumnya hukum internasional itu ditaati dan hukum nasiona1 pada hakekatnya tunduk pada hukum internasional.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

Artikel terkait:


Pernah menuliskan salah satunya?

hubungan hukum internasional dengan hukum nasional (157), hubungan antara hukum internasional dan hukum nasional (68), hubungan hukum internasional dan hukum nasional (56), artikel tentang hukum internasional (42), contoh hukum internasional (29), hubungan hukum nasional dengan hukum internasional (26), perbedaan hukum internasional dan hukum nasional (19), hubungan antara hukum internasional dengan hukum nasional (19), hubungan internasional dan hukum internasional (16), perlunya hukum internasional dalam mengatur kehidupan masyarakat internasional (15), pengertian hukum nasional (14), hubungan antara hukum nasional dan hukum internasional (14), perbedaan hukum internasional dengan hukum nasional (14), hubungan hukum nasional dan internasional (13), hubungan hukum nasional dan hukum internasional (13), ulasan tentang hubungan antara hukum internasional dengan hukum nasional (12), hukum nasional dan hukum internasional (11), hubungan hukum internasional dengan nasional (10), hukum internasional dan hukum nasional (10), hukum internasional dan hubungan internasional (10), hukum dan hubungan internasional (10), contoh hukum nasional (10), pentingnya hukum internasional (9), contoh hukum nasional dan internasional (8), artikel yang berkaitan dengan hukum internasional (8), 

Hubungan Hukum Internasional Dengan Hukum Nasional was last modified: September 9th, 2011 by inoputro

Artikel Terkait Hubungan Hukum Internasional Dengan Hukum Nasional

Definisi Filsafat

Definisi Filsafat

inoputro(dot)com, definisi filsafat. Pengertian filsafat ditinjau secara etimologi adalah

Aliran Filsafat dalam Persoalan Keberadaan

Aliran Filsafat dalam Persoalan Keberadaan

inoputro(dot)com, macam-macam aliran filsafat. ALIRAN FILSAFAT DARI SEGI KEBERADAAN

Perbedaan Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup

Perbedaan Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup

inoputro(dot)com, perbedaan ideologi terbuka dan ideologi tertutup. Ideologi Terbuka

Cita-Cita Nasional Bangsa Indonesia

Cita-Cita Nasional Bangsa Indonesia

inoputro(dot)com, cita-cita nasional bangsa Indonesia. Cita-cita nasional suatu bangsa

Add Your Comment