Sifat Negara

inoputro(dot)com, sifat negara.

Sebagai organisasi kekuasaan, negara memiliki sifat memaksa, monopoli dan mencakup semua

    1. Memaksa, artinya kekuasaan untuk menyelenggarakan ketertiban dengan memakai kekerasan fisik secara legal. Sifat memaksa perlu dimiliki oleh suatu negara, supaya peraturan perundang-undangan ditaati sehingga penertiban dalam masyarakat dapat dicapai, serta timbulnya anarkhi bisa dicegah. Sarana yang digunakan untuk itu adalah polisi, tentara. Unsur paksa ini dapat dilihat pada ketentuan tentang pajak, di mana setiap warga negara harus membayar pajak dan bagi yang melanggarnya atau tidak melakukan kewajiban tersebut dapat dikenakan denda atau disita miliknya.
    2. Monopoli artinya hak menetapkan tujuan bersama masyarakat. Negara memiliki hak untukmelarang sesuatu yang bertentangan dan menganjurkan sesuatu yang dibutuhkan masyarakat. Negara mempunyai monopoli dalam menetapkan tujuan bersama dari masyarakat. Negara berhak melarang suatu aliran kepercayaan atau aliran politik tertentu hidup dan disebarluaskan karena dianggap bertentangan dengan tujuan masyarakat.
    3. Mencakup semua, artinya semua peraturanĀ  dan kebijakan negara berlaku untuk semua orang tanpa kecuali.
      Semua peraturan perundang-undangan berlaku untuk semua orang tanpa, kecuali untuk mendukung usaha negara dalam mencapai masyarakat yang dicita-citakan. Misalnya, keharusan membayar pajak.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

Artikel terkait:


Pernah menuliskan salah satunya?

sifat negara (95), sifat-sifat negara (86), sifat sifat negara (33), sifat sifat negara beserta contohnya (13), sifat organisasi negara (12), sifat negara memaksa (12), contoh sifat negara mencakup semua (12), sifat-sifat negara dan contohnya (10), sifat negara monopoli memaksa mencakup semua (7), sifat sifat negara dan contohnya (7), sifat negara monopoli (7), sifat - sifat negara (7), contoh sifat negara monopoli (6), makalah sifat negara (6), sifat kekuasaan negara (6), sifat suatu negara (6), sifat monopoli negara (5), sifat negara dan penjelasannya (4), sifat negara beserta contohnya (4), sifat negara mencakup semua (4), contoh sifat negara memaksa (4), makalah sifat hakikat negara (4), contoh sifat memaksa negara (4), SIFAT DARI SUATU NEGARA (4), tiga sifat negara (4), 

Sifat Negara was last modified: September 22nd, 2011 by inoputro

Artikel Terkait Sifat Negara

Hukum pidana di Indonesia

Hukum pidana di Indonesia

Indonesia memiliki 2 sistem hukum yaitu hukum pidana dan

Tentang Demokrasi

Tentang Demokrasi

inoputro(dot)com, sedikit tentang demokrasi. Kita mengenal bermacam-macam istilah demokrasi.

Hubungan Ilmu dengan Filsafat

Hubungan Ilmu dengan Filsafat

Pada mulanya ilmu yang pertama kali muncul adalah filsafat

Hubungan Hukum Internasional Dengan Hukum Nasional

Hubungan Hukum Internasional Dengan Hukum Nasional

inoputro(dot)com, hubungan hukum internasional dengan hukum nasional. Tempat Hukum

No Responses to “Sifat Negara”

Add Your Comment