Sejarah Perkembangan Demokrasi

inoputro(dot)com, sejarah perkembangan demokrasi.

Pada permulaan pertumbuhannya demokrasi telah menckup beberapa azas dan nilai yang diwariskan kepadanya dari masa yang lampau, yaitu gagasan mengenai demokrasi dari kebudayaan Yunano Kuno dan gagasan mengenai kebebasan beragama yang dihasilkan oleh aliran Reformasi serta perang-perang agama yang menyusulnya.

Sistem demokrasi yang terdapat di negara kota- (city state) Yunani Kuno (abda ke-6 sampai abad ke-3 SM) merupakan demokrasi langsung (direct democracy) yaitu suatu bentuk pemerintahan dimana hak untuk membuat keputusan-keputusan politik dijalankan secara langsung oleh seluruh warga negara yang bertindak berdasarkan prosedur mayoritas. Sifat langsung dri demokrasi Yunani dapat diselenggarakan secara efektif karena berlangsung dalam kondisi yang sederhana, wilayahnya terbatas (negara terdiri dari kota dan daerah sekitarnya) serta jumlah penduduk sedikit (300.000 penduduk dalam satu negara-kota).

Renaissance adalah aliran yang menghidupkan kembali minat kepada kesusastraan dan kebudayaan Yunani Kuno yang selama abad pertengahan telah disisikan. Aliran ini membelokkan perhatian yang tadinya semata-mata diarahkan kepada tulisan-tulisan keagamaan ke arah soal-soal keduniawian dan mengakibatkan timbulnya pandangan-pandangan baru. Pada akhir abad ke-19 gagasan mengenai demokrasi mendapat wujud yang konkrit sebagai program dan sistim politik. Demokrasi tahap ini semata-mata bersifat politis dan mendasarkan dirinya atas asas-asas kemerdekaan individu, kesamaan hak (equal rights) serta hak pilih untuk semua warga negara (universal suffrage).

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

Artikel terkait:


Pernah menuliskan salah satunya?

sejarah perkembangan demokrasi (523), sejarah perkembangan demokrasi di indonesia (38), sejarah pertumbuhan demokrasi (34), sejarah dan perkembangan demokrasi (31), sejarah demokrasi (18), artikel sejarah demokrasi (16), sejarah perkembangan demokrasi di yunani (16), sejarah perkembangan demokrasi di dunia (15), sejarah demokrasi pancasila (15), yhs-per_003 (15), perumusan demokrasi pancasila (14), makalah sejarah demokrasi (13), sejarah berkembangnya demokrasi (13), perkembangan demokrasi di dunia (12), PERKEMBANGAN DEMOKRASI (11), sejarah demokrasi dunia (10), Perkembangan sejarah demokrasi (10), makalah sejarah demokrasi di indonesia (9), sejarah perkembangan demokrasi indonesia (8), makalah sejarah perkembangan demokrasi di indonesia (7), artikel sejarah perkembangan demokrasi (7), sejarah perkembangan demokrasi dunia (7), tahapan perkembangan demokrasi (6), kemajuan sistem demokrasi langsung di yunani (5), perkembangan demokrasi dari zaman yunani sampe modern (4), 

Sejarah Perkembangan Demokrasi was last modified: September 9th, 2011 by inoputro

Artikel Terkait Sejarah Perkembangan Demokrasi

Standar Isi PKn SMA dan SMP

Standar Isi PKn SMA dan SMP

Standar Isi PKn SMA dan SMP. Sedikit postingan penuh

Butir-butir Pancasila

Butir-butir Pancasila

inoputro(dot)com, butir-butir pancasila. Berikut 45 butir-butir pancasila yang seyogyanya

Hukum pidana di Indonesia

Hukum pidana di Indonesia

Indonesia memiliki 2 sistem hukum yaitu hukum pidana dan

Sejarah Konstitusi UUD 1945

Sejarah Konstitusi UUD 1945

inoputro(dot)com, UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia. Konstitusi terbagi

No Responses to “Sejarah Perkembangan Demokrasi”

Add Your Comment