Narkoba: Bahaya Laten Indonesia

inoputro(dot)com, narkoba bahaya laten Indonesia.

Indonesia merupakan negara berkembang yang sedang menuju kearah kemakmuran bangsa. Jalan yang terhampar untuk sampai ke tujuan tersebut tidaklah mudah. bahaya laten Indonesia bergerak secara gerilya untuk menumbangkan semangat bangsa untuk menuju kemakmuran. Waspada akan bahaya laten! Bahaya tersebut memang tidak nampak secara signifikan namun dampaknya begitu terasa. Ibarat memiliki seribu topeng, bahaya laten bisa muncul kapan saja dengan wujud tertentu. Salah satu bahaya laten yang perlu diwaspadai adalah bahaya narkoba.

Narkotika dan berbagai zat aditif yang berbahaya tersebut disalahgunakan untuk kepentingan sesaat dan keberadaannya mengancam potensi generasi bangsa. Ancaman bahaya laten Indonesia tersebut tidak hanya mengancam masyarakat di beberapa kota besar, namun juga masyarakat di kota-kota kecil dari berbagai tingkat sosial ekonomi. Hal yang membuat miris adalah frekuensi pengguna Narkoba terbanyak adalah pemuda-pemudi dengan kisaran usia 15-24 tahun. Suatu fakta yang miris, ketika mereka seharusnya berjuang untuk membangun bangsa, malah justru terjebak dalam halusinasi yang menghancurkan masa depan akibat penggunaan narkoba.

Jika narkoba sebagai bahaya laten Indonesia ini masuk ke tubuh manusia, maka zat tersebut akan menyerag syaraf otak sehingga mengakibatkan gangguan kesehatan, gangguan jiwa dan gangguan fungsi sosial. Tidak hanya itu saja, penggunaan Narkoba bisa menyebabkan ketagihan dan ketergantungan pada barang berbahaya tersebut.

Meninjau Undang-Undang No.22 thm 1997, terdapat sebuah pengertian mengenai Narkotika yang bisa dijadikan sebagai acuan penegakan hukum. Didalam Undang-Undang tersebut, dikemukakan bahwa Narkotika adalah zat atau obat yang bisa berasal dari tanaman maupun bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang mengakibatkan penurunan atau perubahan kesadaran, mati rasa, menghapus rasa nyeri dan mengakibatkan ketergantungan.

Bahaya laten Indonesia dalam wujud ancaman narkoba ini bisa merusak generasi bangsa dengan pola penggunaan yang bersifat klinis atau patologis dengan ditandai intoksikasi. Dalam kondisi ini, pengguna Narkoba tak mampu untuk menghentikan pemakaian dan terus menggunakannya meskipun dalam keadaan sakit. Pada kondisi yang lebih parah, pengguna narkoba akan mengalami gejala putus zat apabila jumlah dosis narkoba dikurangi. Mari kita jaga generasi bangsa kita dari bahaya narkoba dan “Say no to Drugs”.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

bahaya laten narkoba (2), bahaya laten dan manifest napza (1), 

Leave a Reply