Cultural Unity dan Political Unity

inoputro(dot)com, cultural unity dan political unity.

Melalui pemahaman yang kurang lebih sama, bangsa pada dasarnya memiliki dua arti yaitu bangsa dalam pengertian kebudayaan (cultural unity) dan bangsa dalam pengertian politik kenegaraan (political unity). (AT Soegito, 2004). Cultural unity adalah bangsa dalam pengertian antropologi/sosiologi, sedangkan political unity adlaah bangsa dalam pengertian politik kenegaraan persekutuan hidup berdiri sendiri yang merasa satu kesatuan dalam hal ras, religi, bahasa, sejarah, dan adat istiadat. Mereka yang tergabung dalam cultural unity mungkin merupakan persekutuan yang mayoritas atau minoritas. Mereka yang tergabung dalam cultural unity mungkin juga tercakup di satu negara atau berada di banyak negara.

Dewasa ini sukar kita dapatkan secara murni cultural unity yang ada di suatu negara, kecuali suku-suku terasing yang masih bertahan. cultural unity sudah menyebar di banyak negara, hal ini disebabkan oleh adanya migrasi, akulturasi, dan naturaliasi. Justru sekarang ini banyak bangsa menyebar dibanyak negara sehingga sebuah negara terdiri dari banyak bangsa. Negara tersebut menjadi bangsa yang heterogen, seperti Amerika Serikat yang banyak kedatangan bangsa-bangsa di dunia. Negara yang relatif homogen semakin sedikit. Contoh, jepang dan Israel.

Anggota sebuah political unity, mungkin berbeda corak dan latar belakang kebudayaan, tetapi mereka menjadi satu bangsa dalam pengertian politik. Para nggota political unity berdiam di satu daerah yang disebut satu wilayah yang sama, yang merupakan satu pemerintahan serta tunduk pada kekuasaan tertinggi. Bersatunya mereka dalam political unity, bukan lagi atas dasar unsur-unsur etnik sebagaimana cultural unity, tetapi berdasar pada unsur etik. Contoh political unity : bangsa indoneisa, bangsa India dan bangsa Malaysia. Unsur – unsur yang menyatukan mereka sebagai unity baik cultural unity maupun political unity merupakan identitas kebangsaan bagi mereka.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

Artikel terkait:


Pernah menuliskan salah satunya?

cultural unity (48), pengertian cultural unity (23), cultural unity dan political unity (22), identitas cultural unity (16), cultural unity and political unity (16), cultural unity adalah (14), perbedaan cultural unity dan political unity (10), pengertian cultural unity dan political unity (10), pengertian political unity (8), arti cultural unity (6), apa itu cultural unity (6), pengertian bangsa dalam pengertian cultural unity dan political unity (4), artikel unity (4), identitas political unity (3), contoh cultural unity (3), pengertian bangsa dari segi cultural unity (3), Political unity dan cultural unity (3), bangsa dalam pengertian cultural unity dan political unity (2), pengertian bangsa dalam kultural (2), unity cultural (2), pengertian identitas polotik dan identitas kultural (2), apa yang dimaksud dengan curtural unity dan political unity (2), cultular unity (2), apa yg dimaksud cultural unity (2), pengertian unity (2), 

Cultural Unity dan Political Unity was last modified: September 9th, 2011 by inoputro

Artikel Terkait Cultural Unity dan Political Unity

Tentang Konstitusi

Tentang Konstitusi

inoputro(dot)com, tentang konstitusi. Dalam proses reformasi hukum dewasa ini

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)

Setiap manusia lahir dengan hak asasi manusia yang melekat

Tentang Demokrasi

Tentang Demokrasi

inoputro(dot)com, sedikit tentang demokrasi. Kita mengenal bermacam-macam istilah demokrasi.

Pancasila Sebagai Suatu Sistem Filsafat

Pancasila Sebagai Suatu Sistem Filsafat

inoputro(dot)com, Pancasila sebagai suatu sistem filsafat. Pancasila merupakan ideologi

Add Your Comment