Soko Guru Demokrasi

inoputro(dot)com, soko guru demokrasi.

Alamudi (1991) mengemukakan soko guru demokrasi sebagai berikut:

  1. Kedaulatan rakyat
  2. Pemerintahan berdasarkan persetujuan dari yang diperintah
  3. Kekuasaan mayoritas
  4. Hak-hak minoritas
  5. Jaminan hak asasi manusia
  6. Pemilihan yang bebas dan jujur
  7. Persamaan di depan hukum
  8. Proses hukum yang wajar
  9. Pembatasan pemerintah secara konstitusional
  10. Pluralisme sosial, ekonomi dan politik
  11. Nilai-nilai toleransi, pragmatisme, kerjasama dan mufakat

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dalam negara yang demokratis warganya bebas mengambil keputusan melalui kekuasaan mayoritas namun tidak benar bahwa kekuasaan mayoritas itu selalu demokratis. Tidak dapat dikatakan adil apabila warga yang berjumlah 51% diperbolehkan menindas penduduk yang sisanya 49%. Suatu negara dapat dikatakan demokratsi apabila kekuasaan mayoritas digandengkan dengan jaminan atas hak asasi manusia. Kelompok mayoritas dapat melindungi kaum minoritas. Hak-hak minoritas tidak dapat dihapuskan oleh suara mayoritas. Semua kelompok golongan atau warga negara hendaknya mendapat perlindungan hukum atau mendapat jaminan menurut undang-undang.

Demokrasi yang dianut di Indonesia, yaitu demokrasi berdasarkan Pancasila, masih dalam taraf perkembangan dan mengenai sifat-sifat dan ciri-cirinya terdapat berbagai tafsiran serta pandangan. Tetapi yang tidak dapat disangkal adalah bahwa beberapa nilai pokok demokrasi konstitusionil cukup jelas tersirat di dalam Undang-Undang Dasar 1945. Selain itu Undang-Undang Dasar kita menyebutkan secara eksplisit dua prinsip yang dijiwai naskah itu dan yang tercantumkan dalam penjelasan mengenai sistim pemerintahan negara, yaitu:

  1. Indonesia ialah negara yang berdasarkan atas hukum (rechsstaat), tidak berdasarkan kekuasaan belaka (machsstaat)
  2. Sistem Konstitusionil. Pemerintah berdasarkan atas sistim konstitusi (hukum dasar), tidak bersifat absolutisme (kekuasaan yang tidak terbatas). Berdasarkan dua istilah ”rechsstaat” dan ”sistem konstitusi”, maka jelaslah bahwa demokrasi yang menjadi dasar dari Undang-Undang Dasar 1945, ialah demokrasi konstitusionil. Corak khas demokrasi Indonesia yaitu ”kerakyatan yang dipimpin oleh himak kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”, dimuat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

Artikel Terkait:


Pernah menuliskan salah satunya?

soko guru demokrasi (1118), sebutkan soko guru demokrasi (302), soko guru demokrasi menurut alamudi (283), jelaskan soko guru demokrasi universal (160), soko guru demokrasi adalah (85), soko guru menurut alamudi (51), soko guru demokrasi universal (39), soko guru demokrasi indonesia (39), soko guru demokrasi alamudi (29), 11 soko guru demokrasi (27), arti soko guru demokrasi (24), sokoguru demokrasi (21), soko guru (19), 5 soko guru demokrasi (18), soko guru demokrasi di indonesia (15), penerapan soko guru demokrasi di indonesia (15), kriteria dari soko guru demokrasi menurut alamudi (15), saka guru demokrasi (14), SOKO GURU ALAMUDI (13), Soko guru demokrasi menurut alamudi adalah (13), demokrasi menurut alamudi (12), pengertian soko guru demokrasi (12), ciri ciri soko guru demokrasi (11), sebutkan 3 soko guru demokrasi (11), sebutkan soko guru demokrasi menurut alamudi (10),