Sedikit tentang Kerjasama Internasional

inoputro(dot)com, sedikit tentang kerjasama Internasional.

Percaya atau tidak, sebuah negara tidak ubahnya seperti seorang manusia. Karena tidak ada negara yang bisa berdiri sendiri dan perlu melakukan kerjasama Internasional. Terciptanya kedamaian dan kesejahteraan hidup merupakan dambaan setiap manusia dan setiap negara di dunia. Hal tersebut tidak dapat dipenuhi sendiri sekalipun oleh negara yang sudah maju karena setiap negara pasti mempunyai kelebihan, kekurangan, serta kepentingan yang beraneka. Dengan demikian, baik negara maju, negara berkembang, maupun negara yang miskin pada dasamya saling membutuhkan. Oleh karena itu, perlu diusahakan hubungan persahabatan dan kerja sama antarbangsa yang didasari sikap saling menghormati dan menguntungkan.

Dengan kata lain, kerja sama pada hakikatnya bertujuan:

  1. Memacu pertumbuhan ekonomi setiap negara serta menciptakan keadilan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyatnya;
  2. Menciptakan saling pengertian antarbangsa dalam membina dan menegakkan perdamaian dunia.

Begitu juga dengan negara kita tercinta, Indonesia. Negara kita juga banyak melakukan kerjasama demi memenuhi kebutuhan bernegara dan berbangsa. Termasuk salah satunya yang sangat sering kita dengat adalah kerjasama negara-negara ASEAN. Lalu bagaimana landasan-landasan bangsa Indonesia dalam melakukan kerjasama internasional?

Tunggu postingan berikutnya 🙂

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

Artikel terkait:


Pernah menuliskan salah satunya?

artikel kerjasama internasional (62), makalah kerjasama internasional (42), artikel tentang kerjasama internasional (20), kerja sama internasional (17), asas-asas kerjasama internasional (12), landasan kerja sama internasional (12), bagaimana membuat lamaran yang dityjukan kepada seseorang (2), apa tujuan melakukan kerjasama harus didasari sikap menghormati dan menguntungkan?? (1), tjuan kerjasama yang didasri sikkap saling menghargai (1), kenapa harus melakukan kerjasama antar negara (1), tujuan kerjasama antar bangsa yang didasari sikap saling menghormati dan menguntungkan (1), 

No Responses to “Sedikit tentang Kerjasama Internasional”

Leave a Reply