Pengertian Ideologi

inoputro(dot)com, pengertian ideologi.

Ideologi merupakan aset penting dari sebuah negara. Kenapa tidak, karena dengan adanya sebuah ideologi berarti bangsa tersebut meiliki arah dan tujuan yang harus dicapai. Di sini ideologi berarti sebagai dasar bagi suatu bangsa dalam membangun sebuah negara.

Istilah ideologi sendiri berasal dari kata ’idea’ yang berarti ’gagasan, konsep, pengertian dasarm cita-cita’ dan ’logos’ yang berarti ’ilmu’. Kata ’idea’ beradal dari bahasa Yunani ’eidos’ yang artinya ’bentuk’. Disamping itu da kata ’idein’ yang artinya ’melihat’ maka ecara ahrfiah, ideologi berarti ilmu pengetahuan tentang ide-ide (the science of ideas), atau anjuran tentang pengertian-pengertian dasar. Dalam pengertian sehari-hari, ’idea’ disamakan artinya dengan ’cita-cita’. Cita-cita yang dimaksud adalah cita-cita yang bersifat tetap, yang harus dicapai sehingga cita-cita yang bersifat tetap itu sekaligus merupakan dasar, pandangan atau faham. Memang pada hakekatnya antara sas dna cita-cita itu sebenarnya dapat merupakan satu-kesatuan.

Dengan demikian ideologi mencakup pengertian tentang ide-ide, pengertian-pengertian dasar, gagasan-gagasan dan cita-cita. Pengertian ideologi secara umum dapat dikatakan sebagai kumpulan gagasan-gagasan, ide-ide, keyakinan-keyakinan, kepercayaan-kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis yang menyangkut dan mengatur tingkah laku sekelompok manusia tertentu dalam berbagai bidang kehidupan. Hal ini menyangkut:

  1. Bidang politik (termasuk didalamnya bidang pertahanan dan keamanan)
  2. Bidang sosial
  3. Bidang kebudayaan
  4. Bidang keagamaan

Maka ideologi negara dalam arti cita-cita negara atau cita-cita yang menjadi basis bagi suatu teori atau sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa yang bersnagkutan pada hakikatnya merupakan asas kerohanian yang antara lain memiliki ciri sebagai berikut:

  1. Mempunyai derajat yang tinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan
  2. Oleh karena itu mewujudkan suatu asas kerohanian, pandangan dunia, pedoman hidup, pegangan hidup yang dipelihara dikembangkan, diamalkan, dilestarikan kepada generasi berikutnya. Diperjuangkan dan dipertahankan dengan bersedia berkorban (Notonegoro, Pancasila Yuridis Kenegaraan. Tanpa Tahun. Hal. 23)

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

Artikel terkait:


Pernah menuliskan salah satunya?

pengertian ideologi (493), pengertian idiologi (45), pengertian ideologi pancasila (39), pengertian ideologi negara (24), pengertian idea (17), konsep ideologi (13), pengertian bidang ideologi (12), istilah ideologi (12), makalah pengertian ideologi pancasila (10), pengertian ideologi secara umum (9), arti kata idein (8), artikel ideologi (7), pengertian etika ideologi (6), PENGERTIAN KESATUAN ideologi (5), arti idea dan logos (4), kata idea berasal dari kata eidos yang merupakan bahasa (4), pengertian ideologi umum (4), makalah pengertian ideologi (4), artikel ideologi politik (3), pengertian ideologi menurut anda (3), pengertian ideologi politik (3), ide dan ideologi (3), arti idein (3), satu kesatuan ideologi (3), pengertian ideologi kurikulum (2), 

Pengertian Ideologi was last modified: September 9th, 2011 by inoputro

Artikel Terkait Pengertian Ideologi

Analisis Tingkatan Kurikulum Part. 3

Analisis Tingkatan Kurikulum Part. 3

Perbandingan dengan standar isi SMP <<== lanjutan dari analisis

Hubungan Ilmu Negara dengan Ilmu Politik

Hubungan Ilmu Negara dengan Ilmu Politik

inoputro(dot)com, Hubungan Ilmu Negara dengan Ilmu Politik. Ilmu Negara dalam

System hukum di dunia

System hukum di dunia

Pada dasarnya system hukum yang ada di dunia ini

Mengenal Hukum adat sebagai azas-azas pembentukan hukum nasional

Mengenal Hukum adat sebagai azas-azas pembentukan hukum nasi

Seperti yang diketahui dalam mengenal  hukum adat sebagai suatu

One Response to “Pengertian Ideologi”

  1. Posted by Galen

Add Your Comment