Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

inoputro(dot)com, pancasila sebagai ideologi terbuka.

Pancasila sebagai suatu ideologi tidak bersifat kaku dan tertutup, namun bersifat terbuka. Hal ini dimaksudkan bahwa ideologi Pancasila adalah bersifat aktual, dinamis, antisipatif dan senantiasa mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Keterbukaan ideologi Pancasila bukan berarti mengubah nilai-nilai dasar pancasila namun mengeksplisitkan wawasannya secara lebih konkrit, sehingga memiliki kemampuan yang lebih tajam untuk memecahkan masalah-masalah baru dan aktual. Sebagai suatu ideologi yang bersifat terbuka maka Pancasila memiliki dimensi sebagai berikut:

Dimensi idealis

Yaitu nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila bersifat sistematis dan rasional yaitu hakikat nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila Pancasila : Ketuanan, kemanusiaa, persatuan, kerakyatan dan keadilan. Maka dimensi idealisme yang terkandung dalam ideologi Pancasila mampu memberikan harapan, optimisme, serta mampu menggugah motivasi yug dicita-citakan (Kunto Wibisono, 1989).

Dimensi normatif

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila perlu dijabarkan dalam suatu sistem normatif, sebagaimana terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 yang memilki kedudukan tinggi yang di dalamnya memuat Pancasila dalam alinea IV. Berkedudukan sebagai ’staat fundamental norm’ (pokok kaidah negara yang fundamental). Dalam pengertian ini ideologi Pancsiula agar mampu dijabarkan kedalam langkah operasional perlu memiliki norma yang jelas.

Dimensi realitas

Suatu ideologi harus mampu mencerminkan realitas yang hidup dan berkembang dalam masyarakat. Oleh karena itu Pancasila selain memiliki dimensi nilai-nilai ideal serta normatif maka Pancasila harus mampu dijabarkan dalam kehidupan nyata sehari-hari baik dalam kaitannya bermasyarakat maupun dalam segala aspek penyelenggaraan negara

. . .

Keterbukaan ideologi Pancasila juga menyangkut keterbukaan dalam menerima budaya asing. Oleh karena itu sebagai makhluk sosial senantiasa hidup bersama sehingga terjadilah akulturasi budaya. Oleh karena itu Pancasila sebagai ideologi terbuka terhadap pengaruh budaya asing, namun nilai-nilai esensial Pancasila bersifat tetap. Dengan perkataan lain Pancasila menerima pengaruh budaya asing dengan ketentuan hakikat atau substansi Pancasila yaitu: ketuhahan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan serta keadilan bersifat tetap. Secara strategi keterbukaan Pancasila dalam menerima budaya asing dengan jalan menolak nilai-nilai yang tertentangan dengan ketuhahan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan serta keadilan serta menerima nilai-nilai budaya yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai dasar pancasila tersebut.

Dengan demikian maka bangsa Indonesia sebagai bansga yang berbudaya tidak menutup diri dalam pergaulan budaya antar bangsa di dunia.

Dan yang menjadi permasalahan di dewasa kini, apakah pancasila kita telah bekerja dalam memfilteri ideologi bangsa Indonesia? Berfungsi kah? Atau terlupakan kah?

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

Artikel terkait:


Pernah menuliskan salah satunya?

pancasila sebagai ideologi terbuka (359), pancasila ideologi terbuka (30), dimensi pancasila sebagai ideologi terbuka (25), nilai-nilai pancasila sebagai ideologi negara (21), artikel pancasila sebagai ideologi terbuka (20), ideologi pancasila terbuka (20), dimensi ideologi terbuka (18), dimensi pancasila (17), dimensi normatif (14), pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka (13), nilai nilai pancasila sebagai ideologi negara (12), pancasila bersifat terbuka (12), berdasarkan ideologi terbuka nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila adalah (12), demensi ideologi terbuka pada pacasila adalah (11), makna pancasila sebagai ideologi terbuka (10), dimensi ideologi pancasila (10), nilai pancasila sebagai ideologi terbuka (10), pancasila sebagai ideologi (10), Pancasila sebagai ideologi tertutup (8), dimensi dalam ideologi pancasila (7), pancasila bersifat tetap (6), substansi ideologi pancasila (6), dimensi yang terkandung dalam pancasila (5), dimensi realitas (5), dimensi normatif yang terkandung dalam pancasila (5), 

Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka was last modified: September 9th, 2011 by inoputro

Artikel Terkait Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Pengertian Hukum Menurut Ahli

Pengertian Hukum Menurut Ahli

Hukum merupakan bagian terpenting bagi suatu negara terlebih jika

Analisis Tingkatan Kurikulum Part. 3

Analisis Tingkatan Kurikulum Part. 3

Perbandingan dengan standar isi SMP <<== lanjutan dari analisis

Subjek Hukum Internasional

Subjek Hukum Internasional

inoputro(dot)com, subjek hukum internasional. Subyek hukum internasional diartikan sebagai

Definisi Filsafat

Definisi Filsafat

inoputro(dot)com, definisi filsafat. Pengertian filsafat ditinjau secara etimologi adalah

Add Your Comment