siputro.com

Home » PPKn » Fungsi Struktur Politik dalam Pembuatan Kebijakan

pasang iklan murah

Fungsi Struktur Politik dalam Pembuatan Kebijakan

June 4th, 2011 Admin 1584 Views 0 Comments

inoputro(dot)com, fungsi struktur politik  dalam proses membuat dan melaksanakan kebijakan.

Pada postingan kali ini saya hanya ingin melengkapi postingan saya sebelumnya mengenai suprastruktur dan infrastruktur politik. Yakni mengenai fungsi struktur politik yang terkait dalam proses pembuatan dan pelaksanaan suatu kebijakan. Yah itung-itung sekalian mengisi waktu liburan yang lumayan panjang karena semua dosen pada sibuk ngurusin calon maba.

Ada fungsi yang tidak secara langsung terkait dengan pembuatan dan pelakanaan kebijaksanaan pemerintah dan ada fungsi yang secara langung terkait dengan pembuatan dan pelaksanaan kebijaksanaan. Fungsi yang tidak secara langsung terkait dengan pembuatan dan pelaksanaan kebijaksanaan adalah fungsi sosialisasi politik, fungsi rekruitmen politik, fungsi komunikasi politik.

Fungsi sosialisasi Politik

Sosialisasi politik adalah suatu proes yang dilalui seseorang dalam memperoleh sikap dan orientasin terhdap fenomena politik yang ada dalam masyarakat tempat orang itu berada. Sosialisasi politik juga mencakupi proses penyampaian norma-norma dan nilai-nilai dari satu generasi ke generasi berikutnya. Sosialisasi politik berperan mengembangkan serta memperkuat sikap politik di kalangan warga masyarakat atau melatih warga masyarakat menjalankan peran-peran politik tertentu. Dengan sosialisasi politik diharapkan setiap orang menjadi warga masyarakat yang sadar politik, yaitu sadar akan hak dan kewajiban dalam kehidupan berama. Fungsi sosialisasi politik itu juga melibatkan keluarga, sekolah dan lembaga-lembaga tertentu yang ada dalam masyarakat.

Fungsi Rekruitmen Politik

Fungsi rekruitmen merupakan fungsi penyeleksian rakyat untuk kegiatan politik dan jabatan pemerintahan melalui penampilan dalam media komunikasi, menjadi anggota organisasi, mencalonkan diri untuk jabatan tertentu dan sebagainya. Fungsi rekruitmen politik itu dapat juga disebut sebagai fungsi seleksi kepemimpinan. Seleksi kepemimpinan dalam suatu struktur politik dilakukan secara terencana dan teratur sesuai dengan kaidah/norma-norma yang ada serta hrtapan masyarakat.

Fungsi Komunikasi Politik

Komunikasi politik merupakan jalan mengalirnya informasi melalui masyarakat dan melalui berbagai struktur yang ada dalam sistem politik. Dengan lain perkataan, fungsi komunikasi politik itu adalah fungsi struktur politik menyerap berbagai aspirasi, pandangan-pandangan dan gagasan-gagasan yang berkembang dalam masyarakat dan menyalurkan sebagai bahan dalam penentuan kebijaksanaan.

Fungsi Artikulasi Kepentingan

Dalam masyarakat terdapat berbagai macam kepentingan yang berbeda satu dengan yang lain. Masyarakat memiliki pandangan, pendapat dan kepentingan yang berlainan bergantung kepada keadaan atau lingkungan yang mempengaruhinya. Interaksi dalam masyarakat selain berupa kerjaama, dapat juga berwujud dalam bentuk kompetisi, ketegangan dan konflik. Dalam keadaan semacam itu, perlu dikembangkan pola hubungan baru berupa akomodasi atau penyesuaian.

Fungsi Agregasi Kepentingan

Dalam masyarakat modern yang sedemikian kompleks persoalan-peroalannya, pendapat dan aspirasi seseorang atau sekelompok orang akan hilang ditelan oleh hiruk-pikuknya kehidupan modesn apabila tidak dilakukan penggabungan antara beberapa pendapat dan aspirasi yang ama atau hampir ama.

Fungsi Pembuatan Kebijaksanaan

Fungsi pembuatan kebijaksanaan merupakan fungsi yang dijalankan oleh lembaga legislatif. Untuk menjalankan fungsi itu legislatif dapat bekerja sama dengan lembaga eksekutif (seperti di Indonesia).

Fungsi Penerapan Kebijaksanaan

Fungsi penerapan kebijaksanaan atau peraturan dijalankan oleh lembaga eksekutif beserta jajaran birokrasinya. Fungsi penerapan peraturan tidak hanya berarti pelaksanaan peraturan sebagai pedoman berperilaku, tetapi juga berarti pembuatan rincian dan pedoman pelaksanaan peraturan.

Fungsi Penghakiman Kebijaksanaan

Fungsi penghakiman merupakan fungsi untuk menyeleaikan pertikaian atau persengketaan yang menyangkut persoalan perauran, pelanggaran peraturan dan penegasan fakta-fakta yang perlu untuk mendapatkan keadilan. Dengan kata lain fungsi penghakiman ini merupakan fungsi untuk membuat suatu keputusan yang mencerminkan rasa keadilan apabila terjadi penyelenggaraan atau penentangan terhadap peraturan perundangan.

Semoga bermanfaat.

Butuh penjelasan yang lebih lengkap? silahkan download di “sini

Struktur Politik Yang Terkait dalam Pembuatan Kebijakan (4 page)

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

struktur politik (114), fungsi politik (46), FUNGSI STRUKTUR POLITIK (34), pengertian agregasi kepentingan (21), agregasi kepentingan (21), lembaga yang menjalankan fungsi agregasi (10), fungsi sosialisasi politik (10), pembuatan kebijakan (10), fungsi politik dalam sistem politik (8), fungsi pembuatan kebijakan (7), struktur fungsi sistem politik (7), struktur politik dalam sistem politik (7), fungsi-fungsi politik (7), struktur dan fungsi politik (6), definisi penghakiman politik (6), hubungan suprastruktur dan infrastruktur politik dalam pengambilan kebijakan politik di indonesia (6), penghakiman kebijakan (6), fungsi pembuatan kebijakan umum dalam sistem politik (6), Fungsi Penerapan Kebijakan (6), lembaga yang menjalankan fungsi penerapan kebijakan (5), fungsi penghakiman peraturan (5), pembuatan kebijaksanaan (5), struktur dan fungsi sistem politik (5), fungsi komunikasi politik (4), pengertian artikulasi kepentingan (4), 

Anda baru saja membaca Fungsi Struktur Politik dalam Pembuatan Kebijakan. Artikel ini ditulis di dalam kategori PPKn. Anda bebas mengshare artikel ini, namun gunakanlah etika yang baik dengan tetap menuliskan sumber link artikel Fungsi Struktur Politik dalam Pembuatan Kebijakan ini.
Daftarkan email anda untuk berlangganan artikel kami:
Jangan lupa konfirmasi via email, ya!

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

Artikel lain:

Leave a Reply to this Post

= 2+5 [required]

Pasang Iklan, SEO Jaguars, Jaguar 2, Fair Gadget, Yoetama, Terapi Diabetes, Dana Usaha

Cerpen Sobat
  • Menara Angin

    cerpen menara angin

    [...] Kami nggak mentingin pertemuan sebagai alasan buat ngehambat hubungan ini, yang jelas kami cocok satu sama lain. Di saat kelulusan nanti waktu yang tepat. [...]

  • Zee’s Hand Diary

    nikah lo pikir mudah

    [...] Ini diaryku kisah tentang hidupku kisah nyataku. Tak peduli sebesar apa ketidaksukaan orang lain bagiku cemo’ohan mereka, penyemangat kebangkitanku. [...]

  • Kesuma Bunda (Ibuku Pahlawanku)

    nikah lo pikir mudah

    [...] Bunda nggak nyangka anakku sendiri bahkan tak bisa bersikap baik padaku. Mungkin ini memang salah Bunda yang nggak pernah menceritakan semuanya padamu [...]

  • Ku Hampir Kuncup

    ku hampir kuncup

    [...] “Oh, tidak. Ya Allah apakah sekeras ini cobaan yang Engkau berikan?” Rintihku mrnyesakkan dada, hingga rasanya aku tak sanggup untuk bernafas. [...]

  • Nikah??? Lo pikir Gampang!!

    nikah lo pikir mudah

    [...] Mungkin bener kata orang-orang tua, Rona pamali waktu ngambil barang hujan deres banget dan saat akan dibawa ke rumah Randy di malah nangis dan noleh [...]

sejarawan.com
jokam palembang
pasang iklan baris