Etika Seorang Guru yang Baik

inoputro(dot)com, etika guru yang baik.

Guru adalah sosok yang menjadi panutan bagi semua murid-muridnya dan peran yang melekat padanya sangat penting bagi pembentukan karakter-karakter murid-muridnya. Jika anda tertarik menjadi seorang guru, sangatlah perlu bagi anda untuk mengetahui lebih jelas tentang etika seorang guru sehingga anda dapat memahami tentang perilaku tepat yang harus dilakukan oleh seorang guru. Dengan pengetahuan tersebut, anda akan mampu menjadi seorang guru dengan pribadi yang menyenangkan dan bisa mendidik murid-muridnya dengan baik.

Sebagai seorang guru, anda harus ikhlas dalam memberikan ilmu yang anda miliki. Dengan keikhlasan yang anda miliki, anda akan mampu mengerjakan pekerjaan ini dengan baik. Hal tersebut juga akan membawa pengaruh yang baik bagi murid-murid anda karena sikap itu akan memberikan kenyamanan pada murid-murid anda sehingga akan tercipta suasana belajar yang menyenangkan.

Melakukan persiapan adalah etika seorang guru yang perlu anda lakukan. Persiapan ini disesuaikan dengan mata pelajaran yang anda ajarkan. Dengan persiapan yang baik, proses belajar mengajar akan berjalan dengan lancar dan anda tidak akan mendapat masalah dengan proses tersebut. Selain itu, persiapan yang baik juga akan membuat murid-murid memahami penjelasan anda dengan mudah sehingga ilmu yang anda turunkan akan berguna dan dapat diserap dengan baik.

Bersikap fleksibel dan dinamis dalam berbagai persoalan juga merupakan salah satu etika seorang guru yang perlu anda ketahui. Dalam hal ini, anda harus bisa menerima pendapat dari murid-murid dan bersikap terbuka pada perubahan. Dengan berlapang dada menerima pendapat atau kritik, anda akan bisa menjadi manusia yang arif sehingga mampu menjadi pribadi yang lebih baik dari sekarang. Pendapat itu dimaksudkan untuk perkembangan diri. Oleh karena itu, penting untuk menerima hal itu dan menelaahnya sehingga anda mampu memperbaiki kualitas diri.

Dalam etika seorang guru, anda diharapkan sadar dan terbebas dari doktrin-doktrin ataupun ajaran-ajaran yang buruk karena hal tersebut jika dibiarkan akan membawa dampak buruk bagi generasi muda. Doktrin tersebut bisa berubah trend gobal yang saat ini sedang populer.

Siapkah anda menjadi seorang guru? Jelas sekali bukan bahwa profesi guru bukanlah sesuatu yang mudah. Karena itu jangan pernah kita melupakan jasa guru kita.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

etika guru (223), etika seorang guru (167), guru yang baik (128), kode etik seorang guru (45), etika guru yang baik (20), guru yang baik adalah (19), artikel etika profesi guru (17), seorang guru yang baik (16), etika guru terhadap murid (14), etika guru dan murid (13), makalah tentang guru yang baik (12), etika dengan guru (12), artikel tentang menjadi guru yang baik (12), etika seorang pendidik (10), etika menjadi guru (7), artikel guru yang baik (6), artikel tentang guru yang baik (5), etika seorang guru yang baik (4), etika sebagai seorang guru (4), artikel etika guru (4), profesi guru yang baik (4), makalah etika seorang guru (3), etika menjadi seorang guru (3), jurnal etika perguruan (3), artikel seorang guru (2), 

Etika Seorang Guru yang Baik was last modified: February 23rd, 2012 by inoputro

Artikel Terkait Etika Seorang Guru yang Baik

Di Balik Kesulitan yang Kita Alami

Di Balik Kesulitan yang Kita Alami

Di Balik Kesulitan yang Kita Alami. Sebelumnya, saya ingin

Mau Ngenet Aja kok Repot

Mau Ngenet Aja kok Repot

inoputro(dot)com, mau ngenet aja kok repot. Kecewa, satu kata

Mengecilkan Perut buncit

Mengecilkan Perut buncit

Mengecilkan Perut buncit. Perut buncit memang sangat menggangu kita

Bisakah Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Gaul?

Bisakah Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Gaul?

Kali ini saya sedikit akan berbagi cerita tentang apa

3 Responses to “Etika Seorang Guru yang Baik”

  1. Posted by Kaos Bola
    • Posted by inoputro
  2. Posted by Ibnu Fajar

Add Your Comment