Definisi Nilai

inoputro(dot0com, definisi nilai.

Nilai atau ’value’ (Bhs. Inggris) termasuk pengertian filsafat. Pesoalan-persoalan tentang nilai dibahas dan dipelajari salah satu cabang filsafat yaitu filsafat nilai (Axiology, Theory of Value). Filsafat sering juga diartikan sebagai ilmu tentang nilai-nilai. Istilah nilai di dalam bidang filsafat dipakai untuk menunjuk kata benda abstrak yang artinya ’keberhargaan’ (worth) atau ‘kebaikan’ (goodness) dan kata kerja yang artinya suatu tindakan kejiwaan tertentu dalam menilai atau melakukan penilaian. (Frankena, 229).

Di dalam “Dictionary of Sociology an Related Sciences” dikemukakan bahwa nilai adalah kemampuan yang dipercayai yang ada pada suatu benda untuk memuaskan manusia. Sifat dari suatu benda yang menyebabkan menarik nikmat seseorang atau kelompok (The Believed Capacity of Any Object to Satisfy a Human Desire). Jadi nilai itu pada hakekatnya adalah sifat atau kualitas yang melekat pada suatu objek.

Menilai berarti menimbang, suatu kegiatan manusia untuk menghubungkan sesuatu dengan sesuatu yang lain, kemudian untuk selanjutnya diambil keputusan. Keputusan itu merupakan keputusan nilai yang dapat menyatakan berguna atau tidak berguna, benar atau tidak benar, baik atau tidak baik, indah atau tidak indah. Keputusan nilai yang dilakukan oleh subyek penilai tentu berhubungan dengan unsur-unsur yang ada pada manusia sebagai subyek penilai, yaitu unsur-unsur jasmani, akal, rasa, karsa (kehendak) dan kepercayaan. Sesuatu itu dikatakan bernilai apabila sesuatu itu berharga, berguna, benar, indah dan lain sebagainya.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

definisi nilai (628), pengertian nilai (568), defenisi nilai (37), pengertian nilai-nilai (17), pengertian nilai dalam filsafat (16), pengertian nilai filosofis (14), devinisi nilai (11), definisi tentang nilai (3), definisi tentabg nilai (1), Sifat nilai (Ppkn) (1), suatu kegiatan mannusia untuk menghubungkan sesuatu dengan yang lain kemudian diambil suatu keputusan adalah pengertian (1), 

No Responses to “Definisi Nilai”

Leave a Reply