Unsur Geografi dalam Ruang

inoputro(dot)com, unsur geografi dalam ruang.

Pengertian ruang

Ruang dalam arti luas adalah seluruh permukaan bumi yang merupakan lapisan biosfer, tempat hidup manusia, tumbuh-tumbuhan, dan hewan. Dalam arti sempit ruang adalah wilayah yang memiliki batas-batas tertentu, baik keadaan alam, social, pemerintahan, dan lain sebagainya. (Suhardjo, 1999). Ruang memiliki 2 dimensi, yaitu isi dan jarak.

Pengertian lokasi

Lokasi adalah posisi pasti dalam ruang. Dalam geografi lokasi mempunyai 2 makna, yaitu lokasi absolute dan relative. Lokasi absolute adalah lokasi dipermukaan bumi yang ditentukan dengan system koordinat garis lintang dan bujur. Sifatnya mutlak tidak akan berubah angka-angka koordinatnya. Sedangkan lokasi relative adalah lokasi suatu objek yang nilainya ditentukan berdassarkan objek atau objek-objek lain di luarnya.

“Tempat merupakan lokasi yang memiliki nilai”

Eq: tempat proklamasi

 

Pengertian jarak

Jarak erat kaitannya dengan lokasi relative. Karena nilai suatu objek dapat ditentukan oleh jarak terhadap objek/objek lainnya berdasarkan hubungan fungsionalnya. Jarak dalam pengertian geografi dapat diukur dengan 3 dimensi, yaitu jarak geometric, jarak waktu, dan jarak ekonomi.

Pengertian aksesbilitas

Aksesbilitas atau keterjangkauan adalah tingkat kemudahan suatu lokasi dapat dicapai dari lokasi atau lokasi-lokasi lainnya. Aksesbilitas dipengaruhi oleh factor lokasi, jarak, dan kondisi medan.

Pengertian wilayah

Wilayah adalah bagian dari permukaan bumi yang mempunyai keseragaman atas dasar cirri-ciri bentuk, baik yang bersifat fisik maupun social.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

 


Pernah menuliskan salah satunya?

unsur ruang dalam geografi (53), pengertian ruang dalam geografi (37), unsur geografi (27), pengertian lokasi (26), pengertian ruang (21), unsur unsur geografi (18), ruang dalam geografi (15), pengertian lokasi menurut para ahli (15), unsur-unsur geografi (11), pengertian ruang menurut para ahli (11), konsep ruang dalam geografi (10), unsur - unsur geografi (10), arti ruang dalam geografi (9), unsur ruang geografi (8), perbedaan ruang dan wilayah (7), unsur ruang (5), apa yg dimaksud ruang dalam geografi (4), arti ruang menurut geografi (3), jelaskan arti ruang dalam geografi (3), unsur ruang dalam geografi adalah (2), pengertian ruang menurut geografi (2), pengertian ruang dan dimesi ruang dalam geografi (2), unsur ruang di bumi (2), apakah yang dimaksud dengan ruang dalam geografi (2), apa perbedaan ruang dan wilayah serta contohnya (2), 

No Responses to “Unsur Geografi dalam Ruang”

Leave a Reply