Tips Dalam Menghapal

inoputro(dot)com, beberapa tips dalam menghapal.

Sudah hampir 13 tahun saya berkecimpung di dunia pendidikan. Mulai dari SD, SMP, SMA, dan sekarang di perguruan tinggi. Memang sangat menjenuhkan karena kita di tuntut untuk terus dan terus belajar dan menghapal untuk menghadapi ujian/tes ahkhir. Belum lagi kita harus menghadapi guru/dosen yang memiliki karakter yang berbeda.

Berikut beberapa tips menghapal yang mungkin dapat berguna bagi kita semua yang masih berada pada tahap belajar.

Pertama kita harus berdoa kepad Allah SWT untuk dimudahkanya dalam belajar.

 

>>Gunakan waktu yang efisien

Tidak perlu harus selalu membawa buku seharian. Cukup luangkan waktu sekitar 15menit namun teratur. Karena tingkat konsentrasi seseorang biasanya tidak lebih dari 15 menit.

>>Pilih waktu yang tepat

Terkadang seseorang memiliki perbedaan ketika menghapal. Ada yang lebih meras mudah jika menghapal pada suasana hening (biasanya pada malam hari) ada juga yang memang dapat berkonsentrasi di tengah keramaian.

Untuk yang sulit berkonsentrasi disarankan memilih waktu pukul 23.00 – 02.00 karena pada saat tersebut suasana sangat mendukung.

SANGAT DIREKOMENDASIKAN: “menghapal setelas kita melakukan shalat 1/3 malam akan sangat efektif dan insyaAllah barokah.”

>>Jangan menghapal di waktu subuh.

Mungkin ada yang beranggapan menghapal pada saat subuh itu baik. Tapi pendapat saya tidak menyatakan demikian. Karena waktu subuh itu terlalu sempit jika digunakan untuk menghapal. Apa lagi jika materi yang harus kita hapal itu banyak.

Akan tetapi waktu subuh akan sangat efisien jika kita gunakan untuk flash back materi yang kita hapal sebelumnya.

>>Jangan menerapkan metode sks.

Walaupun banyak yang sukses dalam menerapkan metode ini. Tapi yakinlah apa yang kita dapat tidak akan bisa bertahan lama.

>>Gunakan media-media yang dapat membantu.

Peran media walaupun belum terlalu populer ternyata sangat membantu dalam meningkatkan daya ingat seseorang. Terlebih untuk ilmu-ilmu eksakta yang memiliki banyak rumus berbeda yang harus kita hapal.

Eq: Kita dapat membuat media sederhana dengan menuliskan rumus atau pengertian suatu materi di kertas karton yang kemudian kita tempelkan di kamar tidur kita. Jika setiap malam kita melihatnya yakinlah itu bisa menjadi ingatan yang sangat baik untuk otak kita.

>>Jangan menghapal di menit-menit mendekati ujian, tapi flash backlah di detik-detik mendekati ujian.

Karena berdasarkan pengalaman jika kita terlalu menggebu-gebu dalam menghapal itu akan membuat kita sress. Sehingga ketika konsentrasi kita pecah otak kita akan mengalami blank (intinya harus rileks).

>>Latihan menjawab soal dengan benar-benar menulis jawabanya.

Berdasarkan pengalaman teman saya(karena saya malas ikut yang satu ini,, :p), dengan menulis jawabanya ini akan menjadi ingatan tersendiri yang memudahkan kita jika menyelesaikan soal yang sama (intinya banyak-banyak latihan).

>>Dan yang terakhir tawakal.

Apapun hasilnya harus kita terima jika kita memang benar-benar telah berusaha. Jangan bersedih jika kita gagal. Karena yakinlah kegagalan adalah sukses kita yang tertunda.

 

Penting: “jangan mengepek atau menyontek. Karena itu hanya menganiaya diri kita sendiri.”

Tetap semangat dan teruslah membaca. Ciptakan budaya indonesia sehat dengan mulai dari diri kita sendiri.

Bagaimana menurut anda? ada tips lain?

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

waktu yang tepat untuk menghapal (1), 

Leave a Reply