siputro.com

Home » Cuap-cuap, Pendidikan Indonesia » Pentingnya Perubahan Sistem Pendidikan Indonesia

pasang iklan murah

Pentingnya Perubahan Sistem Pendidikan Indonesia

May 10th, 2011 Admin 1741 Views 5 Comments

inoputro(dot)com, pentingnya merubah sistem pendidikan Indonesia.

Berbagai macam macam budaya di Indonesia patutlah membuat kita berbangga hati karena hal itu membuat Negara kita begitu populer di mata dunia. Jika budaya indonesia diimbangi dengan kemajuan pendidikan indonesia, maka akan tercapai sebuah kemakmuran yang didamba masyarakat Indonesia, sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar ‘45. Namun yang terjadi adalah keterpurukan pendidikan di Indonesia dan pergeseran budaya yang hampir melupakan keaslian budaya.

“latar budaya dan pandangan masyarakat terhadap sekolah telah mengedepankan satu jenis kompetensi dan mengesampingkan bakat kompetensi yang lain.”

Mengapa budaya pendidikan yang praktis dan efisien begitu penting dalam suatu Negara? Dengan terciptanya budaya pendidikan yang sehat, para praktisi pendidikan akan dengan efektif dan efisien menciptakan generasi bangsa yang potensial. Permasalahan disini adalah, apakah pendidikan di Indonesia sudah dimaknai dengan tepat? latar budaya pendidikan di Indonesia telah disusun bertahun-tahun untuk condong pada arah kognitif akademik yang sempit.

Pergeseran budaya pendidikan yang seharusnya lebih implementif dalam kehidupan sehari-hari bergeser menjadi fokus tujuan pendidikan yang sempit, yang hanya berdasarkan nilai kompetensi akademik yang sempit dan belum tentu bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seharusnya pendidikan indonesia lebih realistis dan mempertimbangkan perbedaan intelijensi tiap siswa, sehingga bukannya siswa merasa tertekan karena harus mendalami suatu kompetensi yang tidak mereka sukai dan dipaksa untuk memperoleh nilai tinggi dalam kompetensi itu, namun mendorong siswa untuk belajar sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

Pendekatan formalistic pendidikan indonesia sebaiknya diubah dengan lebih tepat. Jika berkaca pada metode pendidikan di luar negeri. Para siswa sudah diajarkan untuk memilih jenis kompetensi yang mereka sukai dan kuasai. Dengan hal itu, mereka mampu mengembangkan kecerdasan mereka secara layak. Mari kita ambil contoh kasus ini. Andi adalah siswa kelas 3 SMA yang memiliki kecerdasan logika diatas rata-rata. Sehingga sangat cocok untuk mendalami beberapa pelajaran eksak seperti Matematika, Fisika dan Kimia dengan nilai yang bagus. Sedangkan Nita adalah teman sekelas Andi yang memiliki kecerdasan dalam bidang musik diatas rata-rata, namun memiliki kelemahan dibidang logika.

Dalam kasus ini, yang lebih diuntungkan dalam formalitas pendidikan indonesia adalah Andi sebab dia secara alami dilahirkan sebagai seseorang yang berbakat dalam penguasaan kompetensi akademik-kognitif di sekolah. Kemampuan otaknya dengan mudah bekerja sama dengan pelajaran akademik yang disediakan di sekolah, sedangkan Nita harus bekerja ekstra keras untuk menguasai pelajaran akademik. Akhirnya Andi menjadi juara kelas atas kecerdasannya yang kebetulan diasah oleh akademik sekolah, sedangkan Nita menjadi tampak tak berbakat dalam sekolah, dan cenderung dikatakan sebagai siswa yang tak berprestasi, kecuali di bidang musik.

latar budaya dan pandangan masyarakat terhadap sekolah telah mengedepankan satu jenis kompetensi dan mengesampingkan bakat kompetensi yang lain. Wacana tentang budaya pendidikan dan pendidikan Indonesia ini semoga mampu menginspirasi kita ke Indonesia yang lebih baik dan lebih maju dengan generasi muda yang berbakat dibidangnya masing-masing.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

sistem pendidikan indonesia (32), perubahan sistem pendidikan indonesia (27), perubahan sistem pendidikan di Indonesia (20), perubahan pendidikan di indonesia (14), pergeseran fungsi pendidikan (10), artikel perubahan sistem pendidikan di indonesia (9), perubahan fungsi pendidikan (8), perubahan pendidikan indonesia (7), sistem pendidikan di indonesia (6), sistem pendidikan yang cocok di indonesia (6), pentingnya pendidikan di indonesia (5), sistem pendidikan di indonesia 2011 (5), sistem pendidikan indonesia 2011 (4), perubahan sistem pendidikan (4), perubahan sistem pendidikan negara indonesia (3), makalah pergeseran fungsi pendidikan (3), www perubahan sistem pendidikan indonesia (3), perubahan pendidikan (3), macam macam sistem pendidikan (3), macam-macam sistem pendidikan di indonesia (3), Macam-macam Tujuan pendidikan di indonesia (3), pentingnya pendidikan indonesia (3), makalah perubahan pendidikan di indonesia (2), 8 perubahan tujuan pendidikan di indonesia (2), makalah perubahan sistem pendidikan di indonesia (2), 

Anda baru saja membaca Pentingnya Perubahan Sistem Pendidikan Indonesia. Artikel ini ditulis di dalam kategori Cuap-cuap, Pendidikan Indonesia. Anda bebas mengshare artikel ini, namun gunakanlah etika yang baik dengan tetap menuliskan sumber link artikel Pentingnya Perubahan Sistem Pendidikan Indonesia ini.
Daftarkan email anda untuk berlangganan artikel kami:
Jangan lupa konfirmasi via email, ya!

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

Artikel lain:

5 Responses to “Pentingnya Perubahan Sistem Pendidikan Indonesia”

  1. Faril says:

    bener banget tuh…seharusnya ada sekolah yang khusus keterampilan..siswa diperbolehkan mengambil jurusan dan mata pelajaran yang dirasa sesuai dengan bakat dan minatnya..dengan begitu mereka akan lebih dapat mengembangkan bakatnya sehingga dapat berguna bagi kehidupannya kelak..
    sedangkan jika hanya mempelajari kurikulum standar,meskipun bisa menghafal semuanya, saat dewasa pasti akan terlupakan karena pekerjaan yang digelutinya tidak pernah menerapkan pengetahuan akademik yg diajarkan di sekolah, seperti pelajaran persilangan (Buologi) pada bidang kerja arsitek..

    Smoga di Indonesia makin banyak sekolah kejuruan, termasuk kejuruan seni..seperti yang ada di film SECRET (film China)

  2. Ladida Cafe says:

    semoga Indonesia semakin maju!!

  3. Organikaceh says:

    Mudah-mudahan pendidikan di Indonesia bisa semakin berkembang.

  4. Gunegan says:

    Gimana gan dah cek e-mail?

Trackbacks/Pingbacks

 

Leave a Reply to this Post

= 2+3 [required]

Pasang Iklan, SEO Jaguars, Jaguar 2, Fair Gadget, Yoetama, Terapi Diabetes, Dana Usaha

Cerpen Sobat
  • Menara Angin

    cerpen menara angin

    [...] Kami nggak mentingin pertemuan sebagai alasan buat ngehambat hubungan ini, yang jelas kami cocok satu sama lain. Di saat kelulusan nanti waktu yang tepat. [...]

  • Zee’s Hand Diary

    nikah lo pikir mudah

    [...] Ini diaryku kisah tentang hidupku kisah nyataku. Tak peduli sebesar apa ketidaksukaan orang lain bagiku cemo’ohan mereka, penyemangat kebangkitanku. [...]

  • Kesuma Bunda (Ibuku Pahlawanku)

    nikah lo pikir mudah

    [...] Bunda nggak nyangka anakku sendiri bahkan tak bisa bersikap baik padaku. Mungkin ini memang salah Bunda yang nggak pernah menceritakan semuanya padamu [...]

  • Ku Hampir Kuncup

    ku hampir kuncup

    [...] “Oh, tidak. Ya Allah apakah sekeras ini cobaan yang Engkau berikan?” Rintihku mrnyesakkan dada, hingga rasanya aku tak sanggup untuk bernafas. [...]

  • Nikah??? Lo pikir Gampang!!

    nikah lo pikir mudah

    [...] Mungkin bener kata orang-orang tua, Rona pamali waktu ngambil barang hujan deres banget dan saat akan dibawa ke rumah Randy di malah nangis dan noleh [...]

sejarawan.com
jokam palembang
pasang iklan baris