Pentingnya Perubahan Sistem Pendidikan Indonesia

inoputro(dot)com, pentingnya merubah sistem pendidikan Indonesia.

Berbagai macam macam budaya di Indonesia patutlah membuat kita berbangga hati karena hal itu membuat Negara kita begitu populer di mata dunia. Jika budaya indonesia diimbangi dengan kemajuan pendidikan indonesia, maka akan tercapai sebuah kemakmuran yang didamba masyarakat Indonesia, sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar ‘45. Namun yang terjadi adalah keterpurukan pendidikan di Indonesia dan pergeseran budaya yang hampir melupakan keaslian budaya.

“latar budaya dan pandangan masyarakat terhadap sekolah telah mengedepankan satu jenis kompetensi dan mengesampingkan bakat kompetensi yang lain.”

Mengapa budaya pendidikan yang praktis dan efisien begitu penting dalam suatu Negara? Dengan terciptanya budaya pendidikan yang sehat, para praktisi pendidikan akan dengan efektif dan efisien menciptakan generasi bangsa yang potensial. Permasalahan disini adalah, apakah pendidikan di Indonesia sudah dimaknai dengan tepat? latar budaya pendidikan di Indonesia telah disusun bertahun-tahun untuk condong pada arah kognitif akademik yang sempit.

Pergeseran budaya pendidikan yang seharusnya lebih implementif dalam kehidupan sehari-hari bergeser menjadi fokus tujuan pendidikan yang sempit, yang hanya berdasarkan nilai kompetensi akademik yang sempit dan belum tentu bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seharusnya pendidikan indonesia lebih realistis dan mempertimbangkan perbedaan intelijensi tiap siswa, sehingga bukannya siswa merasa tertekan karena harus mendalami suatu kompetensi yang tidak mereka sukai dan dipaksa untuk memperoleh nilai tinggi dalam kompetensi itu, namun mendorong siswa untuk belajar sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

Pendekatan formalistic pendidikan indonesia sebaiknya diubah dengan lebih tepat. Jika berkaca pada metode pendidikan di luar negeri. Para siswa sudah diajarkan untuk memilih jenis kompetensi yang mereka sukai dan kuasai. Dengan hal itu, mereka mampu mengembangkan kecerdasan mereka secara layak. Mari kita ambil contoh kasus ini. Andi adalah siswa kelas 3 SMA yang memiliki kecerdasan logika diatas rata-rata. Sehingga sangat cocok untuk mendalami beberapa pelajaran eksak seperti Matematika, Fisika dan Kimia dengan nilai yang bagus. Sedangkan Nita adalah teman sekelas Andi yang memiliki kecerdasan dalam bidang musik diatas rata-rata, namun memiliki kelemahan dibidang logika.

Dalam kasus ini, yang lebih diuntungkan dalam formalitas pendidikan indonesia adalah Andi sebab dia secara alami dilahirkan sebagai seseorang yang berbakat dalam penguasaan kompetensi akademik-kognitif di sekolah. Kemampuan otaknya dengan mudah bekerja sama dengan pelajaran akademik yang disediakan di sekolah, sedangkan Nita harus bekerja ekstra keras untuk menguasai pelajaran akademik. Akhirnya Andi menjadi juara kelas atas kecerdasannya yang kebetulan diasah oleh akademik sekolah, sedangkan Nita menjadi tampak tak berbakat dalam sekolah, dan cenderung dikatakan sebagai siswa yang tak berprestasi, kecuali di bidang musik.

latar budaya dan pandangan masyarakat terhadap sekolah telah mengedepankan satu jenis kompetensi dan mengesampingkan bakat kompetensi yang lain. Wacana tentang budaya pendidikan dan pendidikan Indonesia ini semoga mampu menginspirasi kita ke Indonesia yang lebih baik dan lebih maju dengan generasi muda yang berbakat dibidangnya masing-masing.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

sistem pendidikan indonesia (32), perubahan sistem pendidikan indonesia (27), perubahan sistem pendidikan di Indonesia (20), perubahan pendidikan di indonesia (14), pergeseran fungsi pendidikan (10), artikel perubahan sistem pendidikan di indonesia (9), perubahan pendidikan indonesia (7), sistem pendidikan yang cocok di indonesia (6), macam-macam sistem pendidikan di indonesia (3), macam macam sistem pendidikan (3), www perubahan sistem pendidikan indonesia (3), makalah perubahan sistem pendidikan di indonesia (2), makalah perubahan pendidikan di indonesia (2), makalahperubahansistempendidikandiindonesia (2), sistem pendidikan yang ada di indonesia dan pentingnya pendidikan dalam perubahan sosial (2), perubahan pendidikan di indonesia sekarang ini (2), contoh perubahan sistem pendidikan indonesia (2), Tesis Perubahan Nilai Pendidikan (1), perlunya perubahan kurikulum (1), sistem perubahaan pendidkan di indonesia (1), wacana sistem pendidikan indonesia tentang pembelajaran fisika (1), rubahan sistem pendidikan indonesia (1), perubahan perubahan pendidikan di indonesia sekarang (1), berita sistem perubahan sistem pendidikan di indonesia (1), sejarah sistem perubahan indonesia (1), 

Pentingnya Perubahan Sistem Pendidikan Indonesia was last modified: May 10th, 2011 by inoputro

Artikel Terkait Pentingnya Perubahan Sistem Pendidikan Indonesia

Nama Baru Semangat baru

Nama Baru Semangat baru

Akhirnya saya putuskan untuk mengganti nama domain blog ini.

Palembang-Jogja yang Melelahkan [Liburan 1]

Palembang-Jogja yang Melelahkan [Liburan 1]

Palembang-Jogja yang Melelahkan [Liburan 1] – siputro.com. Akhirnya kesampean juga

Dampak Persamaan Antara Moral dan Agama

Dampak Persamaan Antara Moral dan Agama

inoputro(dot)com, dampak persamaan antara moral dengan agama. Ketika berbicara

Prinsip Pengukuran dan Penilaian

Prinsip Pengukuran dan Penilaian

Semester baru kita mulai bergulir dan bahan kulia mulai

5 Responses to “Pentingnya Perubahan Sistem Pendidikan Indonesia”

  1. Posted by Faril
  2. Posted by Ladida Cafe
  3. Posted by Organikaceh
  4. Posted by Gunegan

Add Your Comment