siputro.com

Pengertian Geografi

inoputro(dot)com, pengertian geografi.

Senang sekali rasanya setelah kemarin, 27 Mei 2011, kami para Punggawa Inpala HMPPKn berkunjung ke tempat rekreasi ‘Watter Fun’. Bukan hanya rekreasi disana kami melakukan praktek untuk mata kuliah Olah raga. Praktek? tempat rekreasi? yah pastinya seru bukan. 🙂

Inpala HMPPKn

Tapi sedihnya hari senin esok 2 mata kuliah, DDG dan Sispol sudah menunggu untuk UAS. Maksud hati malam ini mau menghapal. Tapi berhubung lagi gak bisa konsen yah udah catatanya di ketik aja terus di posting. Mungkin saja ada yang teringat dan mungkin saja dapat bermanfaat.

Geografi berasal dari kata geo dan grofos/grafien. Geo yang berarti bumi dan grofos atau grafein yang berarti menjelaskan. Maksudnya geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi secara umum. Yakni mempelajari tentang lokasi serta persamaan perbedaan keruangan atas fenomena fisik bumi beserta manusia yang menghuni permukaannya.

Geografi dianggap berbeda dengan ilmu kartografi. Mengapa? Karena geografi tidak hanya mempelajari bumi, akan tetap mempelajari bumi yang berkaitan dengan manusia yang meliputi geosfer, yaitu:

  • Litosfer
  • Atmosfer
  • Hidrosfer
  • Biosfer
  • Antroposfer

Secara umum dalam mempelajari geografi ada 2 objek, yakni:

Objek materil    : Bumi

Objek Formil     : Fenomena fisik dan fenomena social serta kaitannya dalam konteks keruangan

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

 

Artikel terkait


Pernah menuliskan salah satunya?

pengertian geografi (16), pengertian hidrosfer menurut para ahli (4), artikel tentang konsep hidrosfer (1), penjelasan atmosfer dan hidrosfer tentang ips (1), tugas praktek materi hidrosfer (1), 

author siputro.com
Rino Saputro, S.Pd

"Hidup itu kegagalan, kegagalan mendeskripsikan kehidupan akan membawa hidup selalu dalam kegagalan"

materi php dan MYSQL
materi teknisi komputer