Definisi Partai Politik

inoputro(dot)com, definisi partai politik.

Di Indonesia yang menganut system multi partai/banyak partai telah banya sekali lahir berbagai macam partai politik. Partai politik sendiri adalah sarana politik yang menjembatani elit-elit politik dalam upaya mencapai kekuasaan politik dalam suatu negara yang bercirikan mandiri dalam hal finansial, memiliki platform atau haluan politik tersendiri, mengusung kepentingan-kepentingan kelompok dalam urusan politik, dan turut menyumbang political development sebagai suprastruktur politik. Namun tak jarang muncul permasalahan-permasalahan antar partai politik ataupun inter partai.

Beberapa definisi partai politik oleh ahli yaitu:

Carl J. Friedrich: Partai Politik adalah sekelompok manusia yang terorganisir secara stabil dengan tujuan merebut atau mempertahankan penguasan pemerintah bagi pemimpin Partainya, dan berdasarkan penguasan ini memberikan kepada anggota Partainya kemanfaatan yang bersifat ideal maupun materil.

R.H. Soltou: Partai Politik adalah sekelompok warga negara yang sedikit banyaknya terorganisir, yang bertindak sebagai satukesatuan politik, yang dengan memanfaatkan kekuasan memilih, bertujuan menguasai pemerintah dan melaksanakan kebijakan umum mereka.

Sigmund Neumann: Partai Politik adalah organisasi dari aktivis-aktivis Politik yang berusaha untuk menguasai kekuasan pemerintah serta merebut dukungan rakyat atas dasar persaingan melawan golongan-golongan lain yang tidak sepaham.

Miriam Budiardjo: Partai Politik adalah suatu kelompok yang terorganisir yang anggota-anggotanya mempunyai orientasi, nilai-nilai dan cita-cita yang sama dengan tujuan memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik (biasanya), dengan cara konstitusional guna melaksanakan kebijakan-kebijakan mereka.

Adapun fungsi dari partai politik yaitu:

Fungsi-Fungsi Partai Politik

Partai politik sebagai asset penting sebuah Negara demokrasi memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:

  • Melakukan sosialisasi politik, pembentukan sikap dan orientasi politik para anggota masyarakat.
  • Rekrutmen politik yaitu seleksi dan pemilihan atau pengangkatan seseorang atau sekelompok orang untuk melaksanakan sejumlah peranan dalam sistem politik.
  • Partisipasi politik, kegiatan warga negara biasa dalam mempengaruhi proses pembuatan dan pelaksanaan kebijakan umum dan ikut menentukan pemimpin pemerintahan.
  • Pemandu kepentingan, mengatur lalu lintas kepentingan yang seringkali bertentangan dan memiliki orientasi keuntungan sebanyak-banyaknya.
  • Komunikasi politik, partai politik melakukan proses penyampaian informasi mengenai politik dari pemerintah kepada masyarakat dan dari masyarakat kepada pemerintah.
  • Pengendalian konflik, partai politik melakukan pengendalian konflik mulai dari perbedaan pendapat sampai pada pertikaian fisik antar individu atau kelompok.
  • Kontrol politik, partai politik melakukan kegiatan untuk menunjukan kesalahan, kelemahan dan penyimpangan dalam isi kebijakan atau pelaksaan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

Semoga bermanfaat.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

Artikel terkait:


Pernah menuliskan salah satunya?

sifat partai politik (72), definisi partai politik (60), definisi partai politik menurut para ahli (37), definisi parpol (18), pengertian parpol (17), partai politik menurut para ahli (14), macam-macam partai politik (10), definisi elite politik menurut para ahli (6), sifat dari partai politik (6), macam macam partai politik indonesia (4), definisi parpol menurut para ahli (4), pengertian partai menurut para ahli (4), macam-macam partai politik di indonesia (4), teori partai politik menurut para ahli (3), pengertian parpol menurut para ahli (3), PKN partai politik (3), definisi partai politik menurut beberapa ahli (2), definisi partai politik menurut ahli (2), definisi partai politik menurut pakar politik (2), 3 pengertian parpol (2), 5 fungsi partai politik (2), contoh pemandu dari fungsi partai poltik (2), definisi parpol dari beberapa ahli (2), macam-macam sifat parpol (2), pemandu kepentingan (2), 

Definisi Partai Politik was last modified: October 2nd, 2011 by inoputro

Artikel Terkait Definisi Partai Politik

Telaah Cakupan Kelompok Mata Pelajaran PKn dan Kepribadian Part. 3 (final)

Telaah Cakupan Kelompok Mata Pelajaran PKn dan Kepribadian P

<<== lanjutan dari Telaah Cakupan Kelompok Mata Pelajaran PKn

Sifat dan Fungsi Partai Politik

Sifat dan Fungsi Partai Politik

inoputro(dot)com, sistem dan fungsi partai politik. Apabila seseorang duduk

Hubungan Hukum Internasional Dengan Hukum Nasional

Hubungan Hukum Internasional Dengan Hukum Nasional

inoputro(dot)com, hubungan hukum internasional dengan hukum nasional. Tempat Hukum

Mengenal Hukum adat sebagai azas-azas pembentukan hukum nasional

Mengenal Hukum adat sebagai azas-azas pembentukan hukum nasi

Seperti yang diketahui dalam mengenal  hukum adat sebagai suatu

No Responses to “Definisi Partai Politik”

Add Your Comment