Pancasila

inoputro(dot)com, pengertian pancasila.

Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sansekerta: panca berarti lima dan sila berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan para pendiri bangsa terdahulu yang membangun pancasila sebagai alat pemersatu bangsa.

Pancasila dilihat dari sifat- sifat dasarnya, dapat dikatakan sebagai ideologi terbuka. Pancasila Sebagai ideologi terbuka memiliki dimensi- dimensi idealitas, normatif dan realitas. Rumusan- rumusan pancasila sebagai ideologi terbuka bersifat umum, universal, sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945. Dan secara gamblang dijelaskan pada butir-butir pancasila.

Dewasa kini, pancasila telah secara tidak langsung mulai dilupakan. Terbukti hilangnya mata pelajaran PPKn di sekolah, yang kini berganti menjadi PKn. Apa salah pancasila? Kenapa pancasila selalu dikaitkan dengan sesuatu yang negatife? Bagaimana jika ideology Pancasila berusaha menghapuskan ideology NII?

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

mail kompetensi co id loc:CA (1), sifat umum pancasila (1), 

Leave a Reply