siputro.com

Menerapkan Budaya Disiplin pada Generasi Muda di Lembaga Formal

inoputro(dot)com, menerapkan budaya disiplin pada generasi muda di lembaga formal.

Pada dasarnya keberadaan “disiplin” dan “sukses” itu berbanding lurus. Semakin pribadi seseorang terlatih untuk menjadi disiplin, semakin dekat dirinya menuju kesuksesan. Jika berkaca pada keadaan Indonesia sekarang, budaya disiplin masih belum begitu melekat pada sebagian masyarakat, meskipun pada sebagian yang lain mereka terhentak untuk menyikapi kemalasan diri dengan budaya disiplin. Jepang, Amerika dan Inggris adalah beberapa dari negara-negara maju yang menerapkan kedisiplinan dalam setiap nafas kehidupan.

Sebenarnya menjadikan kedisiplinan sebagai suatu karakter yang melekat pada bangsa adalah mudah. Ini bisa dimulai dengan memberi pendidikan kedisiplinan pada pelajar. Sebagai penerus bangsa, mereka memiliki kewajiban mengembangkan budaya disiplin untuk mencapai tujuan bangsa. Jaman sekarang, melatih kedisiplinan dengan menerapkan hukuman kekerasan tidak begitu efektif. Keberadaan undang-undang yang melarang kekerasan terhadap anak, tak peduli untuk tujuan kebaikan membuat para guru takut mengambil resiko terjerat hukum di kemudian hari.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar budaya disiplin bisa mudah diterapkan dikalangan para siswa. Usaha ini memang membutuhkan kerjasama para guru agar bersedia terbuka pada perubahan yang telah diusulkan dalam rangka membentuk kedisiplinan.

Hubungan baik antara guru dan murid

Jika guru berhasil menjalin hubungan baik dengan anak didik, mereka akan berhasil untuk membentuk budaya disiplin pada siswa. Siswa yang merasa nyaman terhadap seorang guru akan cenderung lebih terbuka dan mudah untuk dibentuk ke arah yang lebih baik

Penggunaan kalimat positif

Hal ini sangat perlu apabila seorang guru ingin berhasil dalam mendisiplinkan para siswanya. Dengan komunikasi yang bagus, seorang guru bisa dengan mudah memberikan pandangan pada siswa tentang sesuatu yang harus dilakukan. Ini jauh lebih baik daripada terjebak pada kalimat-kalimat yang melarang siswa (Larangan terhadap sesuatu memang terkadang mutlak dilakukan namun harus bisa digunakan sesuai dengan keadaan yang tepat)

Menjadi inspiratif

Guru yang menjadi sumber inspirasi siswa akan mudah menerapkan budaya disiplin pada siswa sebab mereka dengan sukarela mengikuti apa yang telah mereka teladani dari guru inspiratif tersebut

Seorang guru yang berhasil menerapkan budaya disiplin pada siswa akan memberitahukan apa alasan dari setiap kedisplinan yang mereka terapkan. Dengan cara tersebut, siswa bisa dengan sukarela mematuhi peraturan dan menerapkan kedisiplinan.

Pertanyaannya sekarang khususnya bagi kalian punggawa INPALA HMPPKn, sudah siapkah kalian menjadi guru?

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

budaya disiplin (82), artikel tentang kedisiplinan (15), cara menerapkan kedisiplinan (12), budaya disiplin jepang (11), artikel tentang disiplin (10), artikel kedisiplinan (9), hakikat kedisiplinan (6), artikel budaya disiplin (6), indahnya menerapkan disiplin (5), budaya disiplin indonesia (4), budaya disiplin pada siswa (4), hakekat kedisiplinan (3), hubungan disiplin dengan kesuksesan (3), hubungan disiplin dan kesuksesan (3), menerapkan disiplin pada siswa (3), budaya kedisiplinan (3), artikel budaya disiplin di kalangan remaja (2), bagimana menerapkan kebudayaan indonesia kepada anak SD? (2), budaya displin (2), artikel tentang budaya disiplin (2), makalah budaya disiplin (2), kedisiplinan seorang guru (2), pentingnya budaya disiplin bagi remaja (2), kedisiplinan dalam masyarakat (2), manfaat kedisiplinan bagi siswa (1), 

author siputro.com
Rino Saputro, S.Pd

"Hidup itu kegagalan, kegagalan mendeskripsikan kehidupan akan membawa hidup selalu dalam kegagalan"