Konsep Dasar Geografi

inoputro(dot)com, pengertian geografi/batasan geografi

Geografi adalah disiplin ilmu yang berusaha menguraikan dan menginterprestasikan karakter variable dari suatu tempat ketempat lainnya di bumi sebagai tempat kehidupan manusia. (Hartshome : 1960)

Geografi adalah studi tentang lokasi dan tatanan fenomena pada permukaan bumi dan prosesnya yang menyebabkan distribusi fenomena tersebut. (Fielding : 1974)

Geografi adlah ilmu pengetahuan tentang perkembangan rasional dan pengujian terhadap teori-teori yang menjelaskan dan memperkirakan distribusi spasial dan lokasi berbagai karakteristik dari permukaan bumi. (Yeates, dalam Hagget : 1970)

Geografi adalah studi tentang tempat-tempat yang penduduknya kenapa dapat mirip dan mengapa berbeda dan ingin mengetahui bagaimana ubungan antara tempat dengan penduduknya. (Cirrincione dan Ainsworth : 1983)

Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan.

 

Apabila kita simak dari 5 batasan geografi diatas maka dapat diketahui bahwa geografi tidak hanya mempelajari tempat saja, tetapi mencakup:

  • Tempat beserta segala isinya, baik fenomena fisik maupun fenomena manusianya.
  • Interaksi antar fenomena fisik dan fenomena manusianya.
  • Mendeskripsikan perubahan pola tempat-tempat dan menjelaskan bagaimana pola tersebut.
  • Secara terus-menerus mengajukan pertanyaan untuk memahami kenampakan fisik dan cultural dari tempat-tempat dan kedudukan alamnya di permukaan bumi.
  • Mempunyai manfaat untuk menata dan mengelola wilayah.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

 

Artikel terkait


Pernah menuliskan salah satunya?

konsep dasar geografi (132), makalah konsep dasar geografi (20), batasan geografi 20 (1), makalah tentang konsep dasar geografi (1), pengertian geografi menurut Hartshome (1), 

No Responses to “Konsep Dasar Geografi”
  1. Pingback: Pengertian geografi | Ino Putro 09/09/2011

Leave a Reply