Fungsi Pancasila Sebagai Moral Bangsa

inoputro(dot)com, panncasila sebagai moral bangsa.

Ungkapan Pancasila sebagai moral bangsa bukanlah suatu hal yang berlebihan karena Pancasila mempunyai nilai luhur, norma dan sikap yang bisa dijabarkan menjadi sesuatu yang utuh dan menyatu dalam kepribadian bangsa kita. Dengan Pancasila sebagai moral bangsa diharapkan akan membawa perubahan yang baik bagi bangsa sehingga masyarakat Indonesia akan menjadi pribadi dengan tingkah laku yang baik.

“Dengan penerapan Pancasila sebagai moral bangsa, bangsa kita akan mampu menghindarkan dari dari watak hipokrit yang senang berpura-pura. Sifat ini akan membatasi manusia untuk berbuat jujur dan kebohongan akan membawa negara kita pada kehancuran ini.”

Pancasila adalah dasar negara yang telah dirumuskan dan disepakati oleh pendiri bangsa kita sebagai tujuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam hal ini, hendaknya semua tingkah laku bisa dijiwai oleh Pancasila yan bulat dan utuh. Pancasila sebagai moral bangsa ini juga mampu memberikan keyakinan pada masyarakat tentang keselarasan, keserasian dan keseimbangan dalam suatu hubungan. Hubungan ini tidak hanya antara kita dan Tuhan tapi juga antara manusia dan manusia serta manusia dan alam. Dengan hubungan baik yang terjalin ini, diharapkan akan mampu untuk mengejar kemajuan lahiriah dan batiniah.

Pancasila sebagai moral bangsa juga diharapkan bisa menjadi tuntutan bagi bangsa kita agar mampu menghindari hal-hal buruk yang akan membawa bangsa kita pada perubahan yang memprihatinkan. Dengan penerapan ini, bangsa kita akan mempunyai manusia-manusia dengan kualitas yang tinggi sehingga Indonesia akan menjadi bangsa yang maju.

Dengan penerapan Pancasila sebagai moral bangsa, bangsa kita akan mampu menghindarkan dari dari watak hipokrit yang senang berpura-pura. Sifat ini akan membatasi manusia untuk berbuat jujur dan kebohongan akan membawa negara kita pada kehancuran ini. Nilai Pancasila yang diterapkan akan membantu anda untuk bersikap tanggung jawab sehingga tidak perlu melemparkan kesalahaan pada orang lain. Selain itu, penerapan Pancasila sebagai moral bangsa juga akan melatih bangsa kita menjadi bangsa yang adil sehingga tidak akan ada perbudakan pada yang lemah oleh yang kuat.

Penerapan Pancasila sebagai moral bangsa ini juga penting dalam membentuk pribadi yang kuat akan keyakinan yang benar dan tidak mudah goyah oleh tekanan dan godaan apapun. Selain itu, penerapan tersebut juga akan membuat kita terhindar dari sifat dengki, cemburu dan juga kurang sabar.

Lantas salahkah jika pancasila digunakan sebagai kurikulum wajib di pendidikan Indonesia?

Bangga menjadi salah satu anggota INPALA HMPPKn.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

pancasila sebagai moral bangsa (69), moral pancasila (32), fungsi pancasila (31), pancasila adalah moral bangsa indonesia (21), pancasila sebagai moral negara (20), moral pancasila adalah (16), pancasila sebagai moral bangsa indonesia (16), pancasila adalah Moral bangsa (14), pancasila sebagai moral (13), hakikat moral bangsa indonesia (9), makalah moral pancasila (9), fungsi-fungsi pancasila (8), artikel moral bangsa (8), fungsi pancasila sebagai moral bangsa (7), hubungan pancasila dengan moral (7), makalah hakikat moral bangsa indonesia (6), makalah pancasila sebagai moral negara (6), fungsi pancasila sebagai moral pembangunan (6), hubungan moral dengan pancasila (6), fungsi moral bangsa (6), makalah pancasila sebagai moral bangsa (5), moral dalam pancasila (5), salah satu fungsi pancasila (4), tujuan pembelajaran moral pancasila (3), hakikat moral bangsa (3), 

Fungsi Pancasila Sebagai Moral Bangsa was last modified: May 14th, 2011 by inoputro

Artikel Terkait Fungsi Pancasila Sebagai Moral Bangsa

Anak PPKn itu …

Anak PPKn itu …

inoputro(dot)com, Anak PPKn itu … Baru menginjak semester 3

Mematenkan kebiasaan Membaca sebagai Budaya Indonesia

Mematenkan kebiasaan Membaca sebagai Budaya Indonesia

inoputro(dot)info, mematenkan kebiasaan membaca sebagai budaya Indonesia. Lebih dari

Macam-Macam Metode Pembelajaran

Macam-Macam Metode Pembelajaran

Artikel Macam-macam Metode pembelajaran ini adalah lanjutan dari =>>

Cara Memberikan Pendidikan Berkarakter

Cara Memberikan Pendidikan Berkarakter

Cara Memberikan Pendidikan Berkarakter. Hidup adalah karunia dari Tuhan

4 Responses to “Fungsi Pancasila Sebagai Moral Bangsa”

  1. Posted by Tukang Coding
  2. Posted by inoputro
  3. Posted by Ladida Cafe
  4. Posted by TreTans

Add Your Comment