Makalah DDG, Atmosfer

“HOOAAHHMMM”,, akhirnya selesai juga UTS semua mata kuliah. Yah, tentunya sesuatu yang membosankan mengingat tiap malam kita harus belajar, membuka buku, dan menghapal. Maklum saja kuliah saya sekarang mulai memasuki musim tugas baru setelah sebelumnya memasuki musim UTS (hha,, bahasanya gilaaaa,, :p). Dan untuk mengisi waktu-waktu longgar kali ini saya akan meng_share beberapa postingan baru.

Kali ini saya akan memposting hasil pekerjaan kelompok DDG (Dasar-dasar Geografi). Nasib baik kami mendapatkan tugas mengenai ‘Atmosfer’, bahan makalah dengan seribu pertanyaan aneh yang bisa diajukan peserta. Tapi alhamdulillah kami bisa melakukan presentasi dengan cukup maksimal.

Oke langsung saja,

Pengertian Atmosfer

Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Di bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan bumi. Atmosfer tersusun atas beberapa lapisan, yang dinamai menurut fenomena yang terjadi di lapisan tersebut. Transisi antara lapisan yang satu dengan yang lain berlangsung bertahap. Studi tentang atmosfer mula-mula dilakukan untuk memecahkan masalah cuaca, fenomena pembiasan sinar matahari saat terbit dan tenggelam, serta kelap-kelipnya bintang. Dengan peralatan yang sensitif yang dipasang di wahana luar angkasa, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang atmosfer berikut fenomena-fenomena yang terjadi di dalamnya.

  1. Gas-gas Penyusun Atmosfer

Atmosfer Bumi terdiri atas nitrogen (78.17%) dan oksigen (20.97%), dengan sedikit argon (0.9%), karbondioksida (variabel, tetapi sekitar 0.0357%), uap air, dan gas lainnya. Atmosfer melindungi kehidupan di bumi dengan menyerap radiasi sinar ultraviolet dari matahari dan mengurangi suhu ekstrem di antara siang dan malam. 75% dari atmosfer ada dalam 11 km dari permukaan planet.

[download full version]

[Ms. PP full version]


Pernah menuliskan salah satunya?

makalah atmosfer (78), makalah tentang atmosfer (34), makalah atmosfer bumi (28), makalah tentang atmosfer bumi (13), Artikel Atmosfer (12), artikel atmosfer geografi (12), makalah geografi tentang atmosfer (11), mail mokalamh com loc:US (1), mail mata-angkasa com loc:US (1), materi ddg (1), 

One Response to “Makalah DDG, Atmosfer”
  1. anonim 07/10/2012

Leave a Reply